Langsung ke konten utama

Kumpulan Pertanyaan Tentang Strategi Pengembangan Diri


Selama hampir lebih dari 10 tahun terakhir, berbagai cara, metode  dan strategi pengembangan diri muncul di permukaan secara drastis. Meskipun sebenarnya, berbagai metode dan strategi pengembangan diri ini telah ada dan kembangkan puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu.

Dalam kurun waktu itu, berbagai metode dan strategi pengembangan diri lahir dan dikembangankan di berbagai negara termasuk di Indonesia. Ribuan pakar dan guru-guru pengembangan diri terbaik muncul untuk memberikan serangkaian metode dan strategi pengembangan diri yang handal.

Jutaan buku-buku bertema pengembangan diri pun terbit, dan mengisi deretan buku-buku terlaris di rak-rak toko buku di hampir seluruh wilayah. Seminar-seminar dengan tema menggelegar tentang pengembangan diri pun diadakan tak kurang dari ratusan kali dalam sebulan. Juga Blog-blog pengembangan diri bertebaran di Internet. Semua mengajarkan tentang pengembangan diri untuk manusia.

Dari sekian banyak itu, timbullah pertanyaan besar di dalam hati kita, manakah metode pengembangan diri terbaik untuk kita? Saya tahu bahwa kita semua menginginkan yang terbaik dalam kehidupan kita masing-masing khususnya terkait pengembangan diri. Semua strategi pengembangan diri yang diajarkan oleh para guru, filsuf, buku, dan seminar itu sangatlah baik dan handal. Namun strategi pengembangan diri terbaik, sayang sekali bukan dari sana. Tapi hanya ini...

MULAI DARI DIRI SENDIRI, UNTUK MELAKUKAN KEBAIKAN-KEBAIKAN KECIL, SEKARANG!

Hanya itu! Semua strategi dan ajaran-ajaran pengembangan diri oleh para guru, buku, dan seminar tak akan ada artinya, jika tidak dimulai dengan strategi pengembangan diri ini. Inilah dan hanya inilah yang terbaik. Strategi-strategi pengembangan diri lainnya, yang handal, dahsyat, ampuh, hebat, luar biasa dan sebagainya hanyalah pendukung dan tak akan bisa menjamin keberhasilan siapapun.

Setidaknya strategi pengembangan diri terbaik, hanyalah ini! Ada 3 kata kunci utama dalam hal ini, yakni:

  • Diri Sendiri
  • Kebaikan-kebaikan kecil
  • Sekarang.

Cara Terbaik Menentukan Tujuan Pengembangan Diri, Semudah Ini!

Pengembangan diri saja harus punya tujuan? Bukankah pengembangan diri berarti kita hanya melakukan apa yang ada dengan lebih baik? Dan menjalani kehidupan ini sebaik mungkin?

Seseorang ke pasar saja tahu tujuannya bahwa ia ingin ke pasar. Tentu dalam perjalan ke pasar itu ia harus melalui jalannya dengan sebaik mungkin. Apalagi pengembangan diri. Dalam 7 unsur pengembangan diri yang sukses, tujuan atau motivasi adalah unsur pertama, yang menjadi fondasi dalam segala hal.

Seneca, seorang filsuf besar di jamannya mengatakan bahwa jika seseorang tidak tahu kemana tujuanya berlayar, tidak ada angin yang bisa membantunya. Jadi jika anda ingin sukses dalam pengembangan diri, satu hal yang paling utama yang harus anda miliki adalah tujuan yang jelas. Nah, bagaimana membuat tujuan yang baik dan jelas itu?


Sesimple:

•  Apa yang anda inginkan dalam hidup anda? Anda hanya perlu menjawab pertanyaan ini. Apa yang anda inginkan dalam hidup anda, bukan apa yang nenek anda inginkan, bukan apa yang tokoh idola anda inginkan. Jadilah diri sendiri, tanyakan diri anda sendiri. Tulis hasilnya di buku catatan terpenting anda.

•  Kapan anda ingin mewujudkannya? Jika anda ingin mewujudkannya sekarang juga, baca rahasia ini. Jika tujuan itu masih belum bisa terwujud sekarang, catat dalam buku catatan terpenting anda kapan kira-kira anda mampu untuk mewujudkannya.

•  Jangan Ragu-ragu, ingatlah bahwa Tuhan, keluarga, guru, sahabat dan siapapun akan membantu anda mewujudkannya.


Pengembangan Diri Atau Pengembangan Bakat?

Terkait masalah pengembangan diri, mayoritas orang akan berpikir pengembangan diri berarti pengembangan bakat. Ini berarti usaha untuk terus menerus meningkatkan bakat dan kemampuan diri kita yang kita bawah sejak lahir dan kita pelajari terus menerus.

Dalam hal bakat kepenulisan, Jonru seorang master di bidang bakat kepenulisan itu mengatakan bahwa bakat tersebut terdiri dari dua hal, yakni hard skill dan soft skill. Hard skill adalah kemampuan-kemampuan dasar terkait hal-hal tekhnis. Dan soft skill mencakup segala motivasi dan sikap penunjang dari dalam diri kita.

Apa yang dikatakan Jonru ini bukan hanya berlaku dalam bakat kepenulisan, namun dalam segala hal dalam kehidupan kita. Inilah dua alasan mengapa seseorang disebut berbakat dalam suatu bidang keterampilan tertentu. Yakni ia memiliki kemampuan tekhnis untuk itu, dan ia memiliki sikap dan motivasi (minat) yang besar akan hal tersebut.

Nah, dari sanalah mayoritas kita mengalami kekeliruan. Berapa banyak dari kita yang berpikir bahwa bakat hanya terkait masalah tekhnis semata. Seseorang kita sebut berbakat dalam merakit komputer, sebab kita melihat ia memiliki kemampuan untuk membongkar dan merakit komputernya.

Padalah tidakkah kita lihat bahwa apa yang mereka kerjakan itu, lebih besar dipengaruhi oleh cinta, minat dan motivasi mereka yang besar akan hal tersebut. Dan dengan dasar cinta, minat dan motivasi tersebutnya mereka belajar mengembangkan diri dari segi pengetahuan tekhnis terkait hal tersebut.

Ini berlaku dalam semua aspek kehidupan kita. Khususnya dalam hal pengembangan diri kita. Jadi kesimpulannya sebenarnya adalah pengembangan diri itu bukan hanya pengembangan hard skill di bidang tertentu, namun pengembangan cinta, minat dan motivasi kita akan tujuan pengembangan diri kita. Dan tujuan ini oleh banyak orang disebut impian.

Inilah mengapa pada tulisan saya tentang 7 unsur pengembangan diri yang sukses, saya tempatkan motivasi di urutan pertama. Sebab memang demikian adanya. Anda tentu masih ingat bahwa 3 fokus utama pengembangan diri, adalah pikiran (pengetahuan termasuk tekhnis), emosi (motivasi), dan kesehatan fisik. Bakat itu sesuatu yang dipelajari, namun minat dan motivasi itulah yang menjadi fondasinya.

Kesimpulan

Hanya 3 hal ini yang perlu anda lakukan untuk menetapkan tujuan pengembangan diri anda. Tak perlu harus ini, harus itu, dan harus ribet. Sangat sederhana!

Kini, tiba saatnya pilihan anda. Apakah masih ingin memusingkan diri dengan berbagai ajaran-ajaran pengembangan diri buku-buku motivasi, seminar, nasehat-nasehat para guru yang tampaknya memberatkan? Padahal pengembangan diri bukanlah hal yang sulit, tetapi super-sulit bagi orang yang menganggapnya demikian. Do it start from ourselves, on small thing, now!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri

Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri - Untuk dapat melangsingkan badan, selain perlu berolah raga, terdapat beberapa minuman pelangsing yang ternyata dapat membantu penurunan berat badan secara cepat. Di bawah ini terdapat beberapa minuman pelangsing, diantaranya  Minuman pelangsing alami buatan sendiri 17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri 1. Buah Mengkudu Bahan : daun mengkudu fresh 30 gram ( ambil yang tidak terlalu muda atau tua ), daun kemuning 30 gram, air perasan jeruk nipis 1 sendok makan Langkah Penyajian : bersihkan semua bahan yang diperlukan. Rebus semua bahan dan tambahkan perasan air jeruk nipis dalam 600 ml air hingga air menyusut sepertiganya atau 200 ml, kemudian saringlah. Sebelum diminum, tambahkan lagi perasan air jeruk nipisnya. Minumlah minuman ini dua kali sehari hingga mencapai berat badan yang diinginkan. 2. Air Kelapa Muda Air kelapa muda adalah minuman pelangsing alami buatan sendiri karena Selain berguna bagi wanita hamil karena dapat mengembalikan

100+ Tips Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Pernah anda melihat wanita jepang yang gembrot atau gemuk, mungkin sangat sedikit yang kita lihat mereka itu gemuk, tetapi umumnya wanita jepang memiliki postur tubuh yang langsing dan ramping. Apa sebenarnya yang melatarbelakangi ini semuaya. Dalam kesempatan ini kami akan menulis sebuah artikel tentang rahasia langsing wanita jepang yang banyak dibicarakan diranah kecantikan akhir-akhir ini Perlu diketahui bahwa wanita Jepang sama sekali tidak melakukan diet dalam makanannya bahkan mereka terkenal dengan food utopia atau orang yang terobsesi dengan makanan. Tetapi rahasia kecantikan mereka terungkap lewat makanan yang mereka hasilkan didapur mereka sehari-hari. Berikut kami membuka rahasia langsing wanita jepang yang mungkin perlu diketahui. Rahasia Kecantikan/Langsing Wanita Jepang 1. Menu makanan sehat Makanan mereka menjadi salah satu tolak ukur bagi keberhasilan mereka dalam memiliki tubuh yang ideal dan cantik serta langsing. Menu makanan mereka terdiri dari ikan, kedelai, nasi,

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen

  Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen - Orang orang pasti jika mempunyai kutu rambut untuk minta dibiakin pada orang. Itulah cara yang sudah menjadi tradisi bagi yang terdapat kutu pada rambut. kutu rambut ini menyebar dan bisa menularkan kesiapa saja, jika berada didekatnya. Kutu rambut yang terdapat pada bagian kepala ini pasti akan menggaruk kepala yang akibatnya gatal gatal.  {tocify} $title={Table of Contents} Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen Kutu ini awal prosesnya bisa terjadi karen, pertama tertularkan pada orang yang berkutuan, setelah itu kutu tersebut akan menghisapkan darah dan akan meneteskan anak kutu rambut, yang awalnya berbentuk telur. Jadi kalian, jika tidak membasmi kutu rambut dapat membuat semakin banyak. Jika sudah seperti tindakan yang paling cepat dan efektif adalah membotakan rambut. Bahan alami obat kutu rambut Penyebab kutu rambut ini, bisa disebabkan oleh berbagai macam cara. Yang paling utama adalah karena serin