Langsung ke konten utama

8 Manfaat sinar matahari pagi bagi tubuh

 Sinar matahari mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, khususnya matahari pagi. Apabila Anda sering bekerja di tempat yang tertutup, atau Anda sering berdiam diri di kamar sambil bermain game tanpa membuka jendela, serta AC dinyalakan, harap hati-hati karena kebiasaan ini akan mengancam kesehatan Anda. 

Banyak orang yang sering menghindari sinar matahari, karena menurutnya sinar matahari bisa membuat kulit rusak. Memang benar, tapi yang berbahaya itu  adalah sinar matahari sekitar pukul 12 siang, ketika matahari sudah ada diatas. Sedangkan sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan.


8 Manfaat sinar matahari pagi bagi tubuh 

1. Mengurangi Gula Darah

Khasiat sinar matahari yang pertama adalah dapat mengurangi gula darah, ini cocok bagi Anda penderita diabetes. Hal ini disebabkan sinar matahari bisa menjadi insulin alami yang dapat membantu penyerapan glukosa yang masuk ke sel-sel dalam tubuh. 

Sehingga akan terjadi perubahan dari gula darah menjadi glycogen, yang selanjutnya disimpan di otot dan hati. Karena proses itulah yang dapat menurunkan kadar gula darah Anda.

2. Mengandung Vitamin D

Pada saat sinar matahari terkena kulit, kemudian terjadi proses dalam kulit. Sinar matahari itu bisa merubah kolestrol yang ada di kulit menjadi vitamin D. Coba Anda bayangkan, hanya 5 menit saja terkena sinar matahari, tubuh Anda akan menghasilkan 400 unit vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

3. Menurunkan Berat Badan

Khasiat lainnya adalah dapat menurunkan berat badan. Sinar matahari dapat membantu proses pengiriman sinyal ke otak jika pada saat itu adalah waktunya bangun dan jika matahari terbenam dan menjadi gelap, itu adalah waktunya tidur. Kebiasaan teratur inilah yang bisa melancarkan metabolisme tubuh dan juga dapat menurunkan berat badan Anda. 

Paparan sinar matahari juga dapat membantu dalam mengendalikan jam alami tubuh ( ritme sirkadian tubuh ). Dampaknya fluktuasi tekanan darah, hormon dan jam bangun tidur Anda menjadi teratur. Sinar matahari yang dapat mengatur ritme sirkadian ini adalah sinar matahari pagi, karena cahaya biru yang dipancarkan sangat banyak. Dengan mengikuti secara teratur ritme sirkadian ini dapat menjadikan program penurunan badan Anda menjadi lebih cepat dan baik.

4. Membunuh Bakteri

Jika biasanya didalam pengobatan medis sering menggunakan sinar ultraviolet buatan. Apabila Anda ingin membunuh bakteri secara alami dalam tubuh Anda, cobalah untuk berjemur dibawah sinar matahari. Karena dapat membunuh bakteri dalam tubuh. Menurut penelitian sinar matahari bisa membunuh bakteri penyakit, jamur dan virus. Sinar matahari juga biasanya digunakan untuk mengobati penyakit pneumonia, keracunan darah, TBC, dan asma pada saluran pernapasan. Selain itu, sinar matahari terbukti ampuh membunuh virus penyebab kanker.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cobalah Anda untuk berjemur selama 10 menit setiap hari, karena hal tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Saat kulit Anda terkena paparan sinar matahari, akan terjadi proses bertambahnya sel darah putih, khususnya limfosit yang berfungsi dalam mencegah dan mengobati penyakit yang ada dalam tubuh. Sehingga antibodi Anda akan meningkat, bahkan akan bertahan sampai 3 minggu lamanya. Selain itu, dengan rutin terkena sinar matahari dapat menangkal resiko terkena penyakit masuk angin dan flu.

6.  Meningkatkan Kualitas Pernapasan

Kapasitas darah dalam tubuh akan meningkat jika terkena sinar matahari. Contohnya saat Anda melakukan lari pagi, pasti akan menghirup oksigen saat bernafas. Kemudian oksigen akan disalurkan ke jaringan-jaringan dalam tubuh termasuk ke dalam otot. Selain itu, dengan berjemur di bawah sinar matahari dapat meningkatkan sistem pernapasan Anda.

7. Mengurangi Resiko Kanker

Sebenarnya sinar matahari pada jam 9 pagi lewat atau pada saat sudah siang dapat memicu terkena penyakit kanker kulit. Tetapi apabila Anda berjemur pada saat matahari baru muncul akan berdampak sangat positif bagi kesehatan Anda. Menurut penelitian, sinar matahari pagi dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker ovarium dan kanker usus.

8. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda susah tidur baca artikel tentang cara mengatasi insomnia.

Apabila sinar matahari diserap oleh mata Anda, maka akan memberikan sinyal ke dalam otak yang dihubungkan oleh saraf optik. Dengan terjadinya proses ini dapat meningkatkan zat yang biasa disebut melatonin. Maka kualitas tidur Anda akan diperbaiki oleh zat ini, dan pasti dapat membuat istirahat Anda lebih nyenyak dan nyaman.

Peringatan

Jangan berjemur pada saat matahari sudah sangat panas atau sekitar pukul 12 ke atas. Dianjurkan apabila Anda ingin berjemur, waktu yang paling baik adalah pada saat matahari baru muncul, karena sinarnya masih hangat dan pasti

Olahraga sudah menjadi kebutuhan pokok untuk kehidupan setiap manusia. Selain mudah dilakukan olahraga juga dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Olahraga juga bisa dilakukan dimana saja, bisa didalam ruangan ataupun luar ruangan.


1. Jantung Akan Bekerja Lebih Baik

Dengan sering berolahraga bisa membuat jantung Anda sehat, dan kegiatan sehari-hari pun akan lebih efektif, karena dengan berolahraga bisa mengurangi plak yang ada di pembuluh darah yang dapat menyebabkan terganggunya aliran darah. Maka dengan rajin berolahraga jantung pun akan bekerja lebih baik.

2. Meningkatkan Kapasitas Otak

Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang kebiasaan yang merusak otak.

Berolahraga dapat membuat kemampuan otak meningkat, karena formasi sel-sel otak (neuron) yang baru terbentuk distimulasi, yang biasa kita sebut dengan neurogenesis. Berolahraga juga menjadikan koneksi antar sel-sel tersebut menjadi lebih kuat. Menurut para peneliti, area otak yang sering terstimulasi saat berolahraga yaitu area yang berhubungan dengan pembelajaran dan ingatan. Selain itu, olahraga fisik dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Menurut studi pun telah memastikan, dengan berolahraga secara rutin dapat mengurangi resiko pikun ( berkurangnya kemampuan mengingat dan berpikir ). 

3. Mengurangi Stress

Anda disibukkan dengan aktifitas sehari-hari yang berat, mungkin dengan berolahraga dapat membuat pikiran Anda lebih jernih karena dapat membuat konsentrasi Anda tidak memikirkan kegiatan yang berat tersebut. Aktifitas yang telah terbukti dapat mengurangi ketegangan otak dan pikiran adalah dengan melakukan kegiatan bersepeda, jogging, berjalan kaki, dan yoga. 

4. Melawan Penyakit

Dengan rutin berolahraga tubuh pun akan lebih sehat dan bugar, itu karena metabolisme tubuh akan menjadi lebih lancar, penyaluran dan penyerapan nutrisi akan menjadi lebih baik. Menurut sejumlah riset , bahwa olahraga dapat menjadi pelindung tubuh untuk melawan ancaman dari penyakit, seperti hipertensi, diabetes, stroke dan penyakit jantung.

5. Kesehatan Kulit

Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara menjaga kesehatan kulit.

Aliran darah ke jaringan tubuh menjadi lebih baik, bahkan  dapat membuat kulit lebih sehat. Karena dengan berolahraga, aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi bisa menjadikan sel-sel kulit menjadi semakin sehat, dan sisa pembuangan metabolisme, toksin dan radikal bebas di proses dengan lebih baik akan membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat. Olahraga juga dapat mencegah penyakit kulit seperti eksim, jerawat, dan penyakit kulit lainnya.

6. Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

Anda mengalami susah tidur / insomnia, cobalah untuk berolaharaga karena dapat membuat tidur lebih nyenyak dan aktifitas sehari-hari pun menjadi lebih baik. Untuk itu lakukanlah olahraga tiga jam sebelum tidur, karena dapat membuat detak jantung, otot hingga otak bekerja lebih baik, sehingga pikiran akan lebih tenang dan tidur pun dapat lebih nyenyak.

7. Menjaga Berat Badan

Apabila Anda mengalami masalah dengan berat badan, cobalah rutin berolahraga secara teratur, karena akan menjadikan tubuh Anda terjaga dan ideal. Sebab olahraga akan mengurangi lemak yang ada dalam tubuh. Jadi rajinlah berolahraga supaya berat badan Anda terjaga.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rutin berolahraga akan membuat hormon di dalam tubuh meningkat, seperti hormon serotinin dan adrenalin. Fungsi hormon tersebut adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, apabila hormon tersebut meningkat, dapat membuat daya tahan tubuh meningkat dan lebih kuat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri

Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri - Untuk dapat melangsingkan badan, selain perlu berolah raga, terdapat beberapa minuman pelangsing yang ternyata dapat membantu penurunan berat badan secara cepat. Di bawah ini terdapat beberapa minuman pelangsing, diantaranya  Minuman pelangsing alami buatan sendiri 17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri 1. Buah Mengkudu Bahan : daun mengkudu fresh 30 gram ( ambil yang tidak terlalu muda atau tua ), daun kemuning 30 gram, air perasan jeruk nipis 1 sendok makan Langkah Penyajian : bersihkan semua bahan yang diperlukan. Rebus semua bahan dan tambahkan perasan air jeruk nipis dalam 600 ml air hingga air menyusut sepertiganya atau 200 ml, kemudian saringlah. Sebelum diminum, tambahkan lagi perasan air jeruk nipisnya. Minumlah minuman ini dua kali sehari hingga mencapai berat badan yang diinginkan. 2. Air Kelapa Muda Air kelapa muda adalah minuman pelangsing alami buatan sendiri karena Selain berguna bagi wanita hamil karena dapat mengembalikan

100+ Tips Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Pernah anda melihat wanita jepang yang gembrot atau gemuk, mungkin sangat sedikit yang kita lihat mereka itu gemuk, tetapi umumnya wanita jepang memiliki postur tubuh yang langsing dan ramping. Apa sebenarnya yang melatarbelakangi ini semuaya. Dalam kesempatan ini kami akan menulis sebuah artikel tentang rahasia langsing wanita jepang yang banyak dibicarakan diranah kecantikan akhir-akhir ini Perlu diketahui bahwa wanita Jepang sama sekali tidak melakukan diet dalam makanannya bahkan mereka terkenal dengan food utopia atau orang yang terobsesi dengan makanan. Tetapi rahasia kecantikan mereka terungkap lewat makanan yang mereka hasilkan didapur mereka sehari-hari. Berikut kami membuka rahasia langsing wanita jepang yang mungkin perlu diketahui. Rahasia Kecantikan/Langsing Wanita Jepang 1. Menu makanan sehat Makanan mereka menjadi salah satu tolak ukur bagi keberhasilan mereka dalam memiliki tubuh yang ideal dan cantik serta langsing. Menu makanan mereka terdiri dari ikan, kedelai, nasi,

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen

  Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen - Orang orang pasti jika mempunyai kutu rambut untuk minta dibiakin pada orang. Itulah cara yang sudah menjadi tradisi bagi yang terdapat kutu pada rambut. kutu rambut ini menyebar dan bisa menularkan kesiapa saja, jika berada didekatnya. Kutu rambut yang terdapat pada bagian kepala ini pasti akan menggaruk kepala yang akibatnya gatal gatal.  {tocify} $title={Table of Contents} Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen Kutu ini awal prosesnya bisa terjadi karen, pertama tertularkan pada orang yang berkutuan, setelah itu kutu tersebut akan menghisapkan darah dan akan meneteskan anak kutu rambut, yang awalnya berbentuk telur. Jadi kalian, jika tidak membasmi kutu rambut dapat membuat semakin banyak. Jika sudah seperti tindakan yang paling cepat dan efektif adalah membotakan rambut. Bahan alami obat kutu rambut Penyebab kutu rambut ini, bisa disebabkan oleh berbagai macam cara. Yang paling utama adalah karena serin