Langsung ke konten utama

8 Manfaat Minum Air Putih Tiap Hari

Air adalah sumber kehidupan bagi manusia, tanpa air manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Tetapi banyak sekali orang yang melupakan mengkonsumsi air putih tiap hari, khususnya di pagi hari, padahal khasiat rutin minum air putih banyak sekali.

Pada kesempatan kali ini Blog Kami akan membagikan 8 Manfaat Minum Air Putih Tiap Hari.


 8 Manfaat Minum Air Putih Tiap Hari

1. Kesehatan Ginj4l

Apabila Anda rajin minum air putih minimal 8 gelas perhari dapat menghindari terjadinya penyakit batu ginjal karena penyakit ini disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. 

Anda harus tahu, bahwa ginjal setiap hari memproduksi 200 liter darah , dan ginjal juga berperan sebagai tempat penyaringan limbah dan mengangkut urin ke dalam kantung kemih. Untuk itu, ginjal butuh cairan yang cukup agar limbah yang tidak diperlukan dalam tubuh dibersihkan dengan baik. Oleh karena itu, biasakanlah minum air putih setiap hari agar kesehatan ginjal Anda terjaga dengan baik.

2. Kesehatan Usus Besar

Fungsi organ yang satu ini sangat penting dalam sistem pencernaan manusia. Maka dengan rajin minum air putih, akan berdampak positif dalam menjaga kesehatan usus besar Anda. Karena proses penyerapan nutrisi dari makanan akan berjalan dengan lancar dan sistem pencernaan tidak akan bermasalah.

3. Mengontrol Badan

Menurut penelitian, orang yang rajin minum air putih, dapat mengontrol berat badan. Ini disebabkan , minum air putih sebelum makan dapat menjadikan Anda merasa kenyang. Oleh karena itu, asupan kalori dalam tubuh akan berkurang dan dampaknya akan terjadi penurunan pada berat badan  Anda.

4. Mencegah Penuaan Dini

Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara menjaga kesahatan kulit.

Minum air putih secara teratur dapat menjadikan Anda lebih awet muda. Bahkan selebriti dunia pun telah membuktikannya. Ini terjadi karena dengan minum air putih dapat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan mengecilkan pori-pori, sehingga kulit pun akan terlihat lebih kencang dan sehat.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Menurut studi yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology mengungkapkan, bahwa orang yang rutin minum air putih lebih dari 5 gelas perhari, dapat menghindari resiko terkena penyakit jantung sekitar 41 %. Oleh karena itu, apabila Anda ingin memiliki jantung yang sehat, minumlah air putih 8 gelas perhari.

6. Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Air ludah diproduksi didalam rongga mulut. Air ludah ini memiliki kegunaan sebagai self cleansing. Sehingga apabila Anda ingin mempunyai mulut yang sehat, maka harus mengkonsumsi air putih, supaya produksi air ludah menjadi lancar dan berkualitas. Dengan rajin minum air putih secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit mulut dan gigi. Oleh karena itu, cobalah untuk menyempatkan diri untuk selalu minum air putih tiap hari, agar kesehatan mulut dan gigi Anda terjaga dan terawat.

7. Menjaga Kesehatan Otot

Dengan berolahraga Anda dapat memiliki otot yang sehat, tapi janganlah berolahraga tanpa minum air putih, karena saat berolahraga cairan tubuh Anda akan berkurang. 

Otot disusun oleh 75 % air, sehingga apabila Anda ingin memiliki otot yang kuat dan sehat, biasakanlah minum air putih secara rutin, karena dapat mencegah terjadinya kram otot saat berolahraga atau beraktifitas. 

8. Meredakan Sakit Kepala

Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara mengobati sakit kepala.

Para peneliti telah menguji, bahwa orang yang rutin minum air putih sebanyak 1,5 liter perhari akan mengalami pengurangan pada sakit kepalanya selama 21 jam, intensitas sakit kepalanya pun akan berkurang juga. Dan apabila Anda rajin minum air putih 8 gelas perhari Anda dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik dan berkualitas. Sehingga akan terhindar dari sakit kepala atau migrain yang sangat menggangu aktifitas Anda sehari-hari


8 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut

Dengan menjaga kebersihan mulut maka Anda akan terlihat lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan banyak orang karena Anda akan terhindar dari penyakit bau mulut yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri.

1. Mengosok Gigi

Gosoklah gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Dan waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah setelah makan pagi dan sebelum tidur, apabila Anda rutin sikat gigi dua kali sehari pasti kebersihan mulut Anda juga terjaga.

2. Membersihkan Lidah

Banyak sekali orang yang mengabaikan untuk membersihkan lidah, padahal membersihkan lidah itu sangat penting karena apabila Anda membersihkan lidah maka plak dan sedimen yang menempel, yang bisa menyebabkan bau mulut akan hilang.

3. Berkumur Sesudah Makan

Untuk menghindari sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut dianjurkan untuk sering berkumur sesudah makan agar mulut bisa bersih dari sisa makanan yang menempel di gigi dan mulut. Anda juga dapat menghindari tumbuhnya bakteri dalam mulut.

4. Mengkonsumsi Buah

Buah banyak mengandung serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Kandungan serat dalam buah berfungsi sebagai sikat gigi alami yang dapat membersihkan sisa­-sisa makanan dan mengusir bakteri dalam mulut.

5. Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran mengandung banyak serat yang dapat membersihkan gigi dari sisa­-sisa makanan dan flak. Disamping itu, sayuran juga banyak yang mengandung vitamin A seperti brokoli, labu dan wortel yang membantu dalam pembentukan lapisan email gigi.

6. Mengkonsumsi Keju

Protein yang terdapat dalam keju sangat baik untuk menghindari pengikisan email gigi. Selain itu, keju banyak mengandung kalsium yang akan membuat gigi Anda lebih kuat. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin D yang dapat membantu dalam menyerap kalsium. Vitamin D banyak terdapat dalam telur, ikan dan susu.

7. Mengatur Waktu Makan

Setelah makan berat dianjurkan Anda jangan langsung menyambung dengan ngemil, tetapi beri waktu jeda, agar gigi Anda tidak sering terkena asam. Karena sesudah makan biasanya asam akan terbentuk dalam waktu 30-40 menit, jadi usahakan untuk tidak langsung ngemil setelah makan.

8. Minum Air Putih Yang Cukup

Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang manfaat minum air putih.

Air putih adalah komponen terpenting dalam tubuh manusia, hampir 90% kandungan yang terdapat dalam tubuh adalah air. Begitu juga dengan bahan dasar air liur, karena air liur adalah  komponen yang sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat. Untuk itu biasakanlah untuk minum air putih minimal 8 gelas perhari. Air juga mengandung fluoride yang dapat dijadikan sebagai bahan pelindung enamel gigi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri

Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri - Untuk dapat melangsingkan badan, selain perlu berolah raga, terdapat beberapa minuman pelangsing yang ternyata dapat membantu penurunan berat badan secara cepat. Di bawah ini terdapat beberapa minuman pelangsing, diantaranya  Minuman pelangsing alami buatan sendiri 17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri 1. Buah Mengkudu Bahan : daun mengkudu fresh 30 gram ( ambil yang tidak terlalu muda atau tua ), daun kemuning 30 gram, air perasan jeruk nipis 1 sendok makan Langkah Penyajian : bersihkan semua bahan yang diperlukan. Rebus semua bahan dan tambahkan perasan air jeruk nipis dalam 600 ml air hingga air menyusut sepertiganya atau 200 ml, kemudian saringlah. Sebelum diminum, tambahkan lagi perasan air jeruk nipisnya. Minumlah minuman ini dua kali sehari hingga mencapai berat badan yang diinginkan. 2. Air Kelapa Muda Air kelapa muda adalah minuman pelangsing alami buatan sendiri karena Selain berguna bagi wanita hamil karena dapat mengembalikan

Cara Diet Yang Sehat Dan Cepat Secara Alami

Cara diet yang sehat dan cepat - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal. Sedangkan diet adalah cara yang ditempuh seseorang yang mempunyai berat badan tidak normal untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan proposional. Banyak yang melakukan diet dengan cara salah karena ingin cepat mendapatkan hasil instan. Dengan cara mengkonsumsi obat diet dari bahan kimia, tetapi melupakan prinsip dasar dalam berdiet. Alhasil bukan berat badan yang turun malah menimbulkan penyakit baru. Padahal kalau anda rajin membaca atau bertanya banyak cara diet yang sehat dan cepat secara alami. Pilih Diet Sehat Atau Diet Cepat Kesalahan fatal orang yang berdiet adalah ingin cepat turun berat badannya, sehingga tanpa perhitungan yang tepat, langsung merubah pola makannya secara drastis apalagi sampai tidak makan. Hal ini malah akan menyebabkan gangguan kesehatan yang baru.Cara diet yang sehat dan cepat Rekomendasi dari ahli gizi untuk pengurangan berat badan yang ideal dan aman adalah 1 kg dalam semin

100+ Tips Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Pernah anda melihat wanita jepang yang gembrot atau gemuk, mungkin sangat sedikit yang kita lihat mereka itu gemuk, tetapi umumnya wanita jepang memiliki postur tubuh yang langsing dan ramping. Apa sebenarnya yang melatarbelakangi ini semuaya. Dalam kesempatan ini kami akan menulis sebuah artikel tentang rahasia langsing wanita jepang yang banyak dibicarakan diranah kecantikan akhir-akhir ini Perlu diketahui bahwa wanita Jepang sama sekali tidak melakukan diet dalam makanannya bahkan mereka terkenal dengan food utopia atau orang yang terobsesi dengan makanan. Tetapi rahasia kecantikan mereka terungkap lewat makanan yang mereka hasilkan didapur mereka sehari-hari. Berikut kami membuka rahasia langsing wanita jepang yang mungkin perlu diketahui. Rahasia Kecantikan/Langsing Wanita Jepang 1. Menu makanan sehat Makanan mereka menjadi salah satu tolak ukur bagi keberhasilan mereka dalam memiliki tubuh yang ideal dan cantik serta langsing. Menu makanan mereka terdiri dari ikan, kedelai, nasi,