Langsung ke konten utama

10 Manfaat Serta Kandungan Jus Wortel Bagi Tubuh

 Wortel termasuk pada umbi batang yang digolongkan pada kelompok sayuran. Sayuran ini sangat populer di Indonesia, yang paling banyak mengandung zat makanan. 

10 Manfaat Serta Kandungan Jus Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

{tocify} $title={Table of Contents}

Nama latin dari wortel yaitu Daucus Sarota, sayuran ini berwarna orange. Jenis sayuran ini juga sangat dikenal dengan kandungan vitamin A yang sangat kuat sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa wortel sangatlah baik untuk kesehatan mata.

Perlu Anda ketahui juga, ternyata wortel bukan hanya mengandung vitamin A saja, namun pada kenyataannya terdapat vitamin lain yang terdapat pada daging wortel, serta beberapa mineral yang sangat vital untuk mendukung kesehatan organ tubuh. Sebelum menyimak pada berbagai manfaat dari wortel, berikut ada berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada wortel diantaranya:

Kandungan Nutrisi Wortel

  • Tidak memiliki kolesterol
  • Memiliki serat yang cukup tinggi 2.8 gram
  • Mengandung kalium
  • Mengandung zat besi
  • Mengandung sodium
  • Memiliki protein
  • Memiliki kadar karbohidrat dan kalori yang kuat
  • Mengandung lemak tak jenuh

Kandungan Vitamin Wortel

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Folat (vitamin B9)
  • Niacin (vitamin B3)
  • Asam pantotenat (vitamin B5)
  • Riboflavin (vitamin B2)
  • Pyridoxine (vitamin B6)
  • Thiamin (vitamin B1)

Kandungan Mineral Wortel

  • Magnesium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Seng
  • Fosfor
  • Selenium

Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan Tubuh:

1. Meningkatkan Ketajaman Mata

Khasiat yang paling utama adalah dapat meningkatkan ketajaman pada mata. Dari kandungan vitamin yang sangat tinggi sangat baik sekali untuk memperbaiki penglihatan yang sudah mulai kabur untuk menjadi lebih terang. Selain itu juga, pada retina dan kornea mata juga akan menangkap cahaya serta bayangan dengan tepat.

2. Mencegah Kanker

Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya. Sayuran wortel yang mengandung zat poliacetylene falcarinol tinggi akan mampu untuk bertindak sebagai antioksidan yang akan menghambat tumbuhnya sel kanker.

3. Sebagai Anti Aging

Kandungan yang terdapat pada wortel seperti vitamin A, B5, C, dan E sangat baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang kurang sempurna yang diakibatkan oleh memar atau luka. Wortel juga dapat meningkatkan kualitas dari kolagen serta dapat membantu mengendalikan minyak alami agat tetap stabil dan juga melindungi dari radikal bebas. Sehingga kulit wajah akan terlihat lebih bercahaya bahkan awet muda.

4. Mencegah Sembelit

Sembelit yang merupakan salah satu gangguan dari pencernaan yang dapat mengganggu pada saat BAB. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi jus wortel karena sangat bermanfaat dalam mengatasi sembelit. Dari kandungan serat yang sangat tinggi dan juga mineral sangat baik untuk menyeimbangakn suhu pada daerah saluran anus. Serta akan membantu dalam mencairkan kotoran dengan normal, sehingga akan membantu untuk melancarkan sistem pencernaan.

5. Mencegah Stroke

Kandungan nutrisi pada wortel sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah. Jika tekanan darah stabil maka penyakit stroke pun akan menjauh dari kita.

6. Mencegah Penyakit Kulit

Kandungan antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari berbagai macam serangan seperti bakteri, jamur, dan virus. Maka sebabnya sangat disarankan mengonsumsi jus wortel supaya terhindar dari berbagai penyakit kulit seperti kurap, kudis, atau gatal dari bakteri lainnya.

7. Mengatasi Cacingan

Cacingan merupakan jenis penyakit yang sering dialami oleh anak-anak. Telur cacing sangat banyak pada tanah sehingga akan menempel pada pori-pori tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya. Sehingga akan berkembang biak pada tubuh manusia, dan akan mengiritasi bagian lambung, usus, dan yang lainnya. Dengan mengonsumsi jus wortel maka sangat mampu untuk membunuh telur cacing tersebut sehingga tidak akan menjadi cacing kremi dewasa.

8. Menjaga Kondisi Hormon Tubuh

Wortel dapat menstabilkan hormon dalam tubuh. Untuk Anda yang hormonnya kurang seimbang, Anda dapat mengonsumsi jus wortel untuk mengatasinya supaya tetap seimbang.

9. Meningkatkan Kesehatan Janin

Daftar vitamin yang ada pada wortel mampu bertindak sebagai antioksidan yang sangat kuat sehingga dapat memberikan asupan oksigen dan juga kebutuhan nutrisi harian Anda. Untuk pertumbuhan bayi pada masa kehamilan hingga masa persalinan.

10. Mengobati Anemia

Dengan nutrisi yang lengkap mampu meningkatkan sel darah merah serta memperbaiki sel darah yang dapat rusak akibat dari serangan virus dan bakteri. Sehingga tubuh pun akan menjadi lemas yang dikarenakan terserang anemia. Dengan mengonsumsi jus wortel maka penyakit anemia pun akan terobati.

Itulah beberapa manfaat dari jus wortel bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda rasakan. Tidak ada salahnya juga wortel dijadikan sebagai sayuran, seperti masakan sayur sop atau sejenisnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri

Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri - Untuk dapat melangsingkan badan, selain perlu berolah raga, terdapat beberapa minuman pelangsing yang ternyata dapat membantu penurunan berat badan secara cepat. Di bawah ini terdapat beberapa minuman pelangsing, diantaranya  Minuman pelangsing alami buatan sendiri 17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri 1. Buah Mengkudu Bahan : daun mengkudu fresh 30 gram ( ambil yang tidak terlalu muda atau tua ), daun kemuning 30 gram, air perasan jeruk nipis 1 sendok makan Langkah Penyajian : bersihkan semua bahan yang diperlukan. Rebus semua bahan dan tambahkan perasan air jeruk nipis dalam 600 ml air hingga air menyusut sepertiganya atau 200 ml, kemudian saringlah. Sebelum diminum, tambahkan lagi perasan air jeruk nipisnya. Minumlah minuman ini dua kali sehari hingga mencapai berat badan yang diinginkan. 2. Air Kelapa Muda Air kelapa muda adalah minuman pelangsing alami buatan sendiri karena Selain berguna bagi wanita hamil karena dapat mengembalikan

100+ Tips Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Pernah anda melihat wanita jepang yang gembrot atau gemuk, mungkin sangat sedikit yang kita lihat mereka itu gemuk, tetapi umumnya wanita jepang memiliki postur tubuh yang langsing dan ramping. Apa sebenarnya yang melatarbelakangi ini semuaya. Dalam kesempatan ini kami akan menulis sebuah artikel tentang rahasia langsing wanita jepang yang banyak dibicarakan diranah kecantikan akhir-akhir ini Perlu diketahui bahwa wanita Jepang sama sekali tidak melakukan diet dalam makanannya bahkan mereka terkenal dengan food utopia atau orang yang terobsesi dengan makanan. Tetapi rahasia kecantikan mereka terungkap lewat makanan yang mereka hasilkan didapur mereka sehari-hari. Berikut kami membuka rahasia langsing wanita jepang yang mungkin perlu diketahui. Rahasia Kecantikan/Langsing Wanita Jepang 1. Menu makanan sehat Makanan mereka menjadi salah satu tolak ukur bagi keberhasilan mereka dalam memiliki tubuh yang ideal dan cantik serta langsing. Menu makanan mereka terdiri dari ikan, kedelai, nasi,

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen

  Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen - Orang orang pasti jika mempunyai kutu rambut untuk minta dibiakin pada orang. Itulah cara yang sudah menjadi tradisi bagi yang terdapat kutu pada rambut. kutu rambut ini menyebar dan bisa menularkan kesiapa saja, jika berada didekatnya. Kutu rambut yang terdapat pada bagian kepala ini pasti akan menggaruk kepala yang akibatnya gatal gatal.  {tocify} $title={Table of Contents} Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen Kutu ini awal prosesnya bisa terjadi karen, pertama tertularkan pada orang yang berkutuan, setelah itu kutu tersebut akan menghisapkan darah dan akan meneteskan anak kutu rambut, yang awalnya berbentuk telur. Jadi kalian, jika tidak membasmi kutu rambut dapat membuat semakin banyak. Jika sudah seperti tindakan yang paling cepat dan efektif adalah membotakan rambut. Bahan alami obat kutu rambut Penyebab kutu rambut ini, bisa disebabkan oleh berbagai macam cara. Yang paling utama adalah karena serin