Beberapa Faktor Penyebab Sakit Telinga

 Penyebab sakit telinga - Yang bisa mengganggu kesehatan telinga bukan hanya telinga berdenging atau telinga berdengung saja tetapi juga sakit telinga. Telinga berdenging saja sudah cukup mengganggu terlebih jika merasakan sakit pada telinga. Sakit telinga bisa dialami karena di sebabkan oleh organ telinga yang tidak di jaga dengan baik sehingga akan menyebabkan bagian telinga akan terasa sakit. karena apabila telinga sehat maka tidak akan ada rasa sakit pada telinga yang akan di rasakan, telinga akan baik baik saja berfungsi. 

Beberapa Faktor Penyebab Sakit Telinga


Bagian telinga yang memiliki masalah pada fungsinya bisa dialami karena di sebabkan kurang menjaga kesehatan telinga dengan baik. sakit telinga bisa dialami oleh siapa saja, baik anak anak dan juga orang dewasa bisa mengalami sakit telinga yang akan terjadi secara tiba tiba. sakit telinga dengan intensitas yang ringan dan berat juga bisa terjadi tergantung seberapa parah sakit telinga yang dialami. sakit telinga bisa sembuh atau menghilang dengan sendirinya atau pun bisa lama hilangkannya.

Sakit telinga

Sakit telinga yang dialami secara tiba tiba dan terjadi secara berulang ulang bisa dialami karena di sebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab sakit telinga bisa dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. 

Oleh karena itu berikut beberapa faktor penyebab sakit telinga :

  • Tinnitus, salah satu faktor penyebab sakit telinga yaitu karena tinnitus atau telinga berdenging. Gangguan kesehatan telinga berdenging dan menyebabkan sakit telinga bisa dialami karena di sebabkan oleh ada bagian telinga yang rusak atau ada bagian telinga yang tidak bisa di fungsikan dengan baik. telinga berdenging yang terlalu lama terjadi bukan hanya akan mendengar suara yang tidak normal saja, tetapi lama kelamaan juga bisa menyebabkan sakit telinga juga. sakit telinga yang di sebabkan oleh telinga berdenging dialami juga karena disebabkan oleh konsumsi obat obatan kimia, penurunan daya dengar karena usia yang semakin tua. Atau pun juga bisa terjadi karena di sebabkan oleh cedera pada kepala dan juga pada bagian leher. Sehingga sakit telinga bisa dialami apabila mengalami hal hal yang telah di jelaskan diatas.
  • Infeksi telinga, faktor penyebab sakit telinga tidak hanya bisa dialami karena di sebabkan oleh telinga berdenging saja tetapi juga bisa dialami karena di sebabkan oleh telinga yang terinfeksi. Telinga yang terinfeksi biasanya pada bagian tengah. Infeksi pada telinga yang menyebabkan sakit telinga bisa dikarenakan oleh cairan di bagian tengah telinga terlalu banyak. Dampak dari flu atau pun karena merokok bahkan akibat penyakit sinusitis bisa menyebabkan banyak cairan akan menumpuk dan menutup bagian telinga. Kondisi sakit telinga yang di sebabkan oleh infeksi telinga bisa terjadi pada anak anak juga. sehingga sakit telinga atau nyeri pada bagian telinga bisa dialami oleh anak yang terinfeksi telinganya. Infeksi telinga bukan hanya akan menyebabkan sakit telinga tetapi juga bisa menyebabkan banyaknya cairan yang menumpuk keluar, dan cairan tersebut bisa berbau karena akan seperti nanah.
  • Cedera telinga, yang bisa menjadi faktor penyebab sakit telinga yaitu karena di sebabkan oleh cedera pada telinga. Cedera pada telinga biasanya dialami karena di sebabkan oleh tekanan yang terjadi pada telinga. Dan tekanan pada telinga bisanya dialami pada saat mengunjungi dataran tinggi, seperti daerah pengunungan, menaiki pesawat, atau juga bisa disebabkan oleh berenang ke dasar laut oleh karena itu akan menyebabkan sakit telinga, yang juga bisa menyebabkan peradangan pada penderitanya. Oleh karena itu menjaga kesehatan telinga dengan baik agar tidak akan mengalami cedera pada telinga.
  • Penyakit menire, sakit telinga yang akan menyebabkan pusing kepala berputar putar secara tiba tiba bisa terjadi, dan faktor penyebab sakit telinga yang seperti itu biasanya dialami karena di sebabkan oleh penyakit menire. Penyakit menire yang kondisinya cairan telinga yang tidak normal bisa menyebabkan sakit telinga. Sakit telinga yang seperti ini biasanya terjadi pada orang tua. Namun, tidak ada yang menutup kemungkinan juga apabila seseorang dengan usia muda juga mengalami hal seperti ini.

Sakit telinga yang dialami setiap orang berbeda beda bisa sangat terasa sakit, atau pun rasa sakit yang ringan dan sedang. Sakit telinga yang parah bisa menyebabkan telinga mengeluarkan caraian nanah. Oleh karena itu melakukan pemeriksaan kesehatan telinga agar tidak semakin parah sakit telinga yang akan dialami. sakit telinga bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang parah, oleh karena itu sebainya mengatasi sakit telinga agar tidak akan semakin parah. cara mengatasi sakit telinga bisa dengan menggunakan obat tetes telinga agar mengurangi sakit telinga yang menganggu. Obat untuk di minum juga bisa di gunakan agar mengurangi gejala sakit telinga

Agar tidak mengalami sakit telinga sebaiknya tidak mendengarkan suara yang terlalu keras, seperti menggunakan earphone dengan volume yang terlalu besar atau pun sering menggunakan earphone. Mengurangi penggunaan earphone dan jangan di gunakan juga ketika di jalan atau pun ketika tertidur. Jaga kesehatan dengan rutin memeriksakan kesehatan telinga di rumah sakit dan juga menjaga kebersihannya,

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama