Langsung ke konten utama

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap Yang Harus Diperhatikan

 Penyebab bau mulut tak sedap - Masalah bau mulut mungkin bisa saja dapat kita alami, karena masalah yang satu ini dapat terjadi pada siapa dan kapan saja namun pada umumnya ini masalah yang wajar terjadi. Akan tetapi pada kondisi tertentu masalah bau mulut ini dapat menjadi kronis dan menjadi masalah besar bagi penderitanya. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengetahui asal mulanya bauk mulut tersebut adalah mencari tahu penyebabnya.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap Yang Harus Diperhatikan
Penyebab Bau Mulut Tak Sedap Yang Harus Diperhatikan


Bau Mulut

Masalah bau mulut atau lebih dikenal dengan Halitosis dalam dunia medis, terkadang masalah tersebut datang dari hal sepele seperti ketika anda kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Namun pada kondisi lain, adanya masalah bau mulut tak sedap ini menandakan adanya kondisi medis yang lebih serius lagi. untuk dapat mengatasi bau mulut tak sedap ini, kenali penyebab bau mulut tak sedap yang harus diperhatikan.

Berikut Penyebab bau Mulut Tak Sedap yang umum


Kurang Terjaga Kebersihan Gigi

Seikitar 85% pada kasus bau mulut disebabkan oleh kebersihan gigi yang tidak dijaga. Menurut hasil penelitian, bahwa dengan adanya sisa-sisa makanan yang menempel di gigi semakin lama akan menumpuk dan menjadi hidangan untuk bakteri. Sebab bakteri dan kuman sangat menyukai tempat-tempat yang basah dan lembab sekaligus tempat yang hangat, dengan begitu dengan adanya sisa makanan di gigi akan menjadi tempat berkembangbiak kuman yang sangat disukai.

 Dan bakteri-bakteri tersebutlah yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap, yang pada awalnya menghasilkan senyawa-senyawa sulfur seperti adanya bau busuk. Cara menghilangkan bau mulut yang diakibatkan oleh sisa makanan ini adalah dengan sikat gigi dan berkumur sekurang-kurangnya 2 kali dalam sehari, namun jangan sampai lupa juga untuk membersihkan bagian lidah, karena bakteri ini juga dapat hidup tanpa oksigen di bagian lidah belakang.

Kurangnya Asupan Air

Penyebab bau mulut tak sedap selanjutnya yang paling sering diabaikan oleh kebanyakan orang adalah kurangnya cairan tubuh atau lebih di kenal dengan dehidrasi yang akan menyebabkan produksi saliva (Air liur) menurun. Saliva mempunyai fungsi yang cukup penting dalam tubuh dan salah satunya adalah membersihkan bakteri-bakteri yang terdapat di dalam mulut manusia. 

Selain itu, saliva juga akan menjaga sel-sel di dalam mulut agar tetap hidup, maka apabila kita kekurang cairan saliva dapat menyebabkan sel-sel yang berada di dalam mulut akan banyak sekali yang mati. Sel-sel tersebut yang mati juga dapat menjadi sumber bau busuk tersebut pada mulut kita.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, minumlah minimal air mineral 1,8 liter per hari, selain air putih minuman lain seperti teh hijau juga sudah dikenal dapat memberikan hidrasi (asupan cairan) yang cukup bagi tubuh. 

Serta antioksidan yang terkandung di dalam teh tersebut juga mampu mengubah beberapa senyawa sulfur yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Dan bagi anda penderita alergi yang tidak dapat bernapas dengan baik melalui hidung pada umumnya, dan sebagai saluran penggati menggunakan mulut.Maka hal tersebut dapat menyebabkan mulut menjadi lebih cepat mengering. serta jika anda mengalami alergi , baiknya selalu pastikan untuk memperhatikan saluran pernapasan serta menambah asupan air.

Banyak Mengkonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa bumbu dapur seperti bawang merupakan salah satu makanan penyebab bau mulut tak sedap. Akan tetapi perlu yang anda ketahui bahwa beberapa produk-produk susu dapat mengentalkan ingus (nasal mucus) serta dapat menyebabkan bau sepertin sulfur? Sehingga tidak heran jika banyak penyanyi yang menghindari makanan atau minuman yang berbahan dasar dari susu, terutama jika mereka akan segera tampil. 

Selain itu makanan yang berkarbohidrat tinggi juga sangat berpotensi untuk menarik bakteri karena tingginya kandungan gula. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayur yang berfungsi untuk mengimbangi dan mengurangi masalah bau mulut tak sedap tersebut.

Infeksi Amandel atau Sinus

Infeksi sangat mudah sekali terjadi sinus dan menjadi penyebab bau mulut tak sedap, dan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi tersebut yaitu dengan pemberian antibiotik sesuai dengan anjuran dokter. Sedangkan pada kasus infeksi amandel yang dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan dapat menghasilkan butiran-butiran kalsium di belakng tenggorokan juga dapat menyebabkan timbulnya bau tak ssedap. 

Cara mengatasi bau mulut pada kasus ini dengan berkumur menggunakan air yang berkadar garam tinggi yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyabab bau mulut tak sedap. Tambahkan lah satu sendok makan garam ke dalam seperempat liter air kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur di pagi hari dalam 2 hingga 3 hari. Kemudian setelah itu, silahkan makan yougurt yang memliki kandungan antibakteri yang baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri

Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri - Untuk dapat melangsingkan badan, selain perlu berolah raga, terdapat beberapa minuman pelangsing yang ternyata dapat membantu penurunan berat badan secara cepat. Di bawah ini terdapat beberapa minuman pelangsing, diantaranya  Minuman pelangsing alami buatan sendiri 17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri 1. Buah Mengkudu Bahan : daun mengkudu fresh 30 gram ( ambil yang tidak terlalu muda atau tua ), daun kemuning 30 gram, air perasan jeruk nipis 1 sendok makan Langkah Penyajian : bersihkan semua bahan yang diperlukan. Rebus semua bahan dan tambahkan perasan air jeruk nipis dalam 600 ml air hingga air menyusut sepertiganya atau 200 ml, kemudian saringlah. Sebelum diminum, tambahkan lagi perasan air jeruk nipisnya. Minumlah minuman ini dua kali sehari hingga mencapai berat badan yang diinginkan. 2. Air Kelapa Muda Air kelapa muda adalah minuman pelangsing alami buatan sendiri karena Selain berguna bagi wanita hamil karena dapat mengembalikan

Cara Diet Yang Sehat Dan Cepat Secara Alami

Cara diet yang sehat dan cepat - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal. Sedangkan diet adalah cara yang ditempuh seseorang yang mempunyai berat badan tidak normal untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan proposional. Banyak yang melakukan diet dengan cara salah karena ingin cepat mendapatkan hasil instan. Dengan cara mengkonsumsi obat diet dari bahan kimia, tetapi melupakan prinsip dasar dalam berdiet. Alhasil bukan berat badan yang turun malah menimbulkan penyakit baru. Padahal kalau anda rajin membaca atau bertanya banyak cara diet yang sehat dan cepat secara alami. Pilih Diet Sehat Atau Diet Cepat Kesalahan fatal orang yang berdiet adalah ingin cepat turun berat badannya, sehingga tanpa perhitungan yang tepat, langsung merubah pola makannya secara drastis apalagi sampai tidak makan. Hal ini malah akan menyebabkan gangguan kesehatan yang baru.Cara diet yang sehat dan cepat Rekomendasi dari ahli gizi untuk pengurangan berat badan yang ideal dan aman adalah 1 kg dalam semin

100+ Tips Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Pernah anda melihat wanita jepang yang gembrot atau gemuk, mungkin sangat sedikit yang kita lihat mereka itu gemuk, tetapi umumnya wanita jepang memiliki postur tubuh yang langsing dan ramping. Apa sebenarnya yang melatarbelakangi ini semuaya. Dalam kesempatan ini kami akan menulis sebuah artikel tentang rahasia langsing wanita jepang yang banyak dibicarakan diranah kecantikan akhir-akhir ini Perlu diketahui bahwa wanita Jepang sama sekali tidak melakukan diet dalam makanannya bahkan mereka terkenal dengan food utopia atau orang yang terobsesi dengan makanan. Tetapi rahasia kecantikan mereka terungkap lewat makanan yang mereka hasilkan didapur mereka sehari-hari. Berikut kami membuka rahasia langsing wanita jepang yang mungkin perlu diketahui. Rahasia Kecantikan/Langsing Wanita Jepang 1. Menu makanan sehat Makanan mereka menjadi salah satu tolak ukur bagi keberhasilan mereka dalam memiliki tubuh yang ideal dan cantik serta langsing. Menu makanan mereka terdiri dari ikan, kedelai, nasi,