Penyakit Mata Pada Anak

Penyakit mata pada anak - Mata merupakan suatu organ yang paling aktif di dalam tubh manusia. Mata memiliki banyak sel dengan jumlah 2 juta sel yang mempunyai kemampuan untuk mengolah dari 36 ribu informasi pada setiap jamnya. Namun juga selain karena organ yang paling aktif, biasanya mata juga merupakan suatu organ yang paling sensitive atau paling riskan. 

Penyakit Mata Pada Anak


Gangguan yang terjadi pada penyakit mata ini bisa terjadi pada siapa saja. Penyakit mata bisa juga diderta oleh anak   yang sudah memakai mata. Masalah penyakit mata pada anak   ini biasanya beberapa disebabkan karena keturunan  namun juga ada yang terjadi karena kebiasaan-kebiasaan dari misalnya menonton televisi dan juga karena membaca buku dalam jarak yang terlalu dekat atau karena tidak mendapatkan penerangan yang cukup.

Penyakit Mata Pada Anak  

Penyakit Mata

Penyakit mata pada anak bisa dideteksi dari mereka lahir. Dan kemudian penyakit pada mata anak   ini biasa dilakukan dengan pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin setidaknya adalah enam bulan sekali atau setahun sekali. Bagi anak dari orang yang dulunya mengalami suatu masalah mata misalnya adalah miopi atau mata minus , atau yang biasanya dikenal dengan nama rabun jauh.

Penyakit mata pada anak myopia ini ditunjukkan dengan suatu gekala sulitnya anak melihat tulisan yang ada di papan tulis hal ini bisa berdampak negative bagi prestasi akademisnya. Biasanya cara mengatasi penyakit mata miopi pada anak dilakukan dengan memperbanyak suatu aktvitas yang bisa membuatnya melihat dalam jarak yang jauh, misalnya adalah olahraga, atau bermakin diluar rumah dan juga dengan melakukan jalan pagi, sehingg stimulasi pada mata terjadi untuk melihat suatu benda dengan jarak yang jauh,

Penyakit mata pada anak yang lainnya adalah penyakit rabun jauh. Mata Rabun jauh ini tidak bisa melihat objek dalam keadaan jarak dekat beberapa sentimeter dari oandangan, misalnya adalah pada huruf yang ada dibuku yang sedang dibaca.

Penyakit mata pada anak lainnya adalah astigmatisme atau mata silinder. Penyakit ini disebabkan karena adanya suatu gangguan daya pandangan yang terjadi karena berubahnya dari pembiasan cahaya yang ada pada mata.

Cara Mengobati Penyakit Mata

Bekerja seharian di depan layar komputer terkadang membuat mata menjadi cepat merasa lelah, hal ini dikarenakan pantulan sinar dari cahaya komputer tidak dilindungi kaca filter untuk mengurangi pancaran cahaya, bekerja terlalu lama di depan layar komputer juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan, seperti mata cepat merasa lelah, nyeri punggung, sakit pinggang, bahu dan leher sering merasa pegal. Ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, dan mengurangi ketegangan dan kelelahan mata saat bekerja di depan komputer diantaranya :

1. Bekerja pada ruangan yang cukup dengan cahaya penerangan

Perhatikan penerangan dalam ruangan kerja anda, usahakan untuk tidak bekerja pada ruangan yang kurang mendapat pencahayaan, atur sebaik mungkin cahaya yang dipantulkan dari jendela. Jika dirasa cukup cahaya yang dipancarkan dari jendela pada sinar matahari pagi, kurangilah cahaya pada lampu penerangan di ruangan anda, agar mata anda tidak terlalu keras dalam bekerja.

2. Gunakan filter monitor

Menggunakan pelindung cahaya pada monitor komputer atau yang disebut filter komputer juga dapat melindungi mata anda dari pantulan cahaya monitor secara langsung untuk mengurangi cahaya yang menyilaukan dan radiasi cahaya yang dipantulkan.

3. Meletakkan kertas baca atau buku agenda kerja anda agar mudah dibaca

Meletakkan buku agenda atau buku panduan kerja dekat jarak tangan dan layar monitor anda dengan jarak yang seimbang, guna membantu mempermudah dalam membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

4. Perhatikan posisi monitor

Letakkan layar monitor sebaik mungkin sesuai dengan posisi duduk anda atau membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan mata dan tubuh anda. Guna menjaga mata dari kelelahan berkepanjangan dan menjaga bahu serta leher anda nyaman bergerak pada saat bekerja.

5. Merubah ukuran tulisan ke dalam “font” yang cukup besar

Bila anda harus mengetik atau mengedit suatu tulisan, pastikan terlebih dahulu ukuran huruf yang anda gunakan, tak ada salahnya menggunakan ukuran huruf yang cukup besar (ukuran maksimal font adalah 12 atau 14) untuk memudahkan mata anda membaca dan melihat tulisan. Setelah selesai anda dapat mengganti ukuran huruf ke posisi semula.

6. Sejenak istirahatkan mata anda

Bila mata anda sudah merasa lelah dari pekerjaan anda, berilah waktu beberapa saat untuk mata beristirahat, jika mata anda terasa perih atau pegal jangan dikucek-kucek, cukup dengan sering berkedip guna menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda agar tetap terasa sejuk dan asri. Bila perlu lakukan olahraga kecil terhadap mata anda ketika sedang beristirahat dengan memijit bagian pelipis mata dengan arah memutar searah jarum jam.

7. Periksa kacamata atau lensa kontak

Bila dalam bekerja anda sering mengenakan kacamata sebagai alat bantu anda dalam pekerjaan anda sehari-hari, cobalah agar mengatur jarak pandang kacamata anda dengan monitor. Bila perlu anda dapat mengkonsultasikan hal ini kepada dokter mata atau optik agar anda mendapatkan kacamata yang sesuai dan memberi perlindungan pada kacamata anda dari radiasi langsung cahaya monitor. Jika anda bisa melakukan pekerjaan tanpa kacamata, lepaskan saja kacamata anda sementara agar mata anda tidak cepat merasa lelah.

Jika anda pengguna kacamata, berilah kebebasan mata anda dari kacamata anda dan jangan memaksakan untuk melihat atau menangkap suatu objek dari jarak pandang yang tidak bisa anda lampaui.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama