Macam Macam Penyakit Mata Pada Manusia

Macam Macam Penyakit Mata - Ada beberapa jenis penyakit mata yang harus anda ketahui, karena mata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting untuk penglihatan untuk melakukan aktifitas sehari hari. Tanpa menggunakan indra penglihat mata ini anda tidak dapat melihat keindahan dunia dan seisinya. Selain itu, jika tidak menggunakan mata anda tidak dapat melihat orang orang yang anda sayang.

Macam Macam Penyakit Mata


Jika anda tidak merawat kesehatan mata, maka cobalah menengok orang orang yang mengalami kebutaan, tentunya mereka sangat  menginginkan dapat melihat keindahan dunia dan melihat orang orang yang disayanginya walau hanya sedetik saja. Maka dari itu bagi anda yang diberikan mata normal, ada baiknya jika kalian selalu menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan terjaga, agar mata terhindar dari macam macam penyakit mata yang kemungkinan dapat meyerang mata.

Berikut Macam Macam Penyakit Mata Pada Manusia


Miopi

Penyakit mata yang pertama adalah penyakit mata miopi. Miopi atau sering disebut penyakit mata rabun jauh, penyebab dari penyakit mata miopi ini biasanya disebabkan oleh mata yang melakukan aktivitas secara terus menerus tanpa diberikan waktu istirahat. Biasanya orang yang menderita miopi ini akan mengalami gejala gejala seperti sering pusing atau mata merah dan perih apabila digunakan secara berlebihan.

Penyebab miopi ini biasanya disebabkan oleh aktivitas di depan komputer atau laptop yang terlalu lama dan atau juga membaca buku sambil tiduran. Tentunya jenis penyakit mata miopi ini bukanlah masalah yang ringan, dan jenis penyakit ini tidak bisa anda sepelekan begitu saja. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan kacamata sekung atau minus serta jangan lupa untuk mengkonsumsi buah buahan seperti wortel dan tomat secara rutin untuk menghilangkan penyakit miopi tersebut.

Trachoma

Penyakit mata selanjutnya adalah penyakit mata trachoma. Trachoma merupakan infeksi mata yang pada umumnya disebabkan oleh lingkungan yang tercemar. Pada saat gangguan mata ini terjadi pada anda, maka gejalanya yaitu mata anda akan mengalami pembengkakakn dan terlihat merah. Cara mengobati jenis penyakit mata yang satu ini adalah dengan memberikan obat tetes mata atau juga dengan menjaga dari lingkungan sekitar rumah anda.

Berhti hatilah dengan jenis penyakit mata yang satu ini, karena dapat menular jadi sebaiknya menghindari kontak langsung dengan orang lain. Agar anda tidak menularkan penyakit ini kepada orang lain. Sebaiknya juga anda tidak menggunakan handuk bersamaan. Dan apabila anda ingin keluar rumah maka sebaiknya anda menggunakan kacamata hitam, agar mata anda terlindungi dengan baik.

Katarak

Penyakit mata katarak adalah penyakit yang biasa menyerang orang yang berusia lanjut. Gejalanya yaitu lensa pada mata menjadi keruh sehingga hal tersebut menyebabkan penglihatan kabur. Namun kondisi seperti ini sangat mudah diobati. Katakar disebabkan oleh  paparan sinar UV yang lama, dan dengan menggunakan obat obatan jangka panjang contonya steroid, dan penyakit tertentu yang dapat menyebabkan sesorang dapat terkena katarak lebih awal seperti penyakit diabetes.

Apabila anda sudah mengalami katarak, anda akan mengalami penglihatan menjadi keruh, kabur dan redup. Selain itu anda mungkin juga akan merasa kesulitan melihat di malam hari. Namun beberapa tanda dan gejala lain dari katarak ini adalah sensitivitas terhadap cahaya dan silau yang dapat membuat sulit saat mengemudi pada malam hari, lingkaran cahaya di sekitar lampu, warna menjadi pudar dan sering mengganti kacama.

Jika katakan sudah mengganggu penglihatan mata anda ke titik dimana hal tersebut dapat mempengaruhi kegian sehari hari anda, maka cara terbaiknya yaitu dengan menghilangkan katarak tersebut dari mata. Dengan melakukan operasi katarak adalah cara operasi sederhana, dan salah satu operasi mata yang paling aman. Bagi sebagian orang yang sudah melakukan operasi katarak, penglihatan mereka meningkat secara signifikan.

Macam Macam Penyakit Mata – Mata Glaukoma

Glaukoma

Penyakit mata glaukoma adalah sekelompok penyakit yang dapat mengakibatkan kerusakan saraf optik sehingga dapat mempengaruhi penglihatan mata anda. pada umumnya penyakit glukoma ini disebabkan oleh tingginya tekanan di dalam bola mata yang menyebabkan rusaknya saraf optik. Penyakit glukoma adalah penyakit yang paling banyak menyebabkan kebutaan pada orang dan sering disebut pencuri penglihatan mata secara diam diam.

Glukoma akan merusakan penglihatan mata secara bertahap dan andapun tidak akan merasakan terjadinya kehilangan penglihatan mata anda, samapai pada saat penyakit glukoma itu memasuki stadium lanjut. Jenis yang paling umum terjadi dari glukoma adalah glukoma primer sudut terbuka, jenis glukoma ini tidak memiliki tanda tanda atau gejala gejala yang terlihat, kecuali dengan kehilangan penglihatan secara bertahap.

Jika anda yang sudah berusia 40 tahun dan memiliki gejala gejala tersebut, segera konsultasi dengan dokter spesialis mata. Bahkan jika anda tidak mengalami tanda tanda dan gejala gejala tersebut disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan mata tahunan dengan dokter mata anda. dan jika anda yang mempunyai riwayat keluarga yang sudah terkena penyakit mata glukoma ini maka anda dapat beresiko lebih tinggi untuk mengalaminya juga.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama