Cara Menghilangkan Bisul Agar Tidak Tumbuh Lagi

Cara menghilangkan bisul agar tidak tumbuh lagi
Cara Menghilangkan Bisul Agar Tidak Tumbuh Lagi

 

 Cara menghilangkan bisul agar tidak tumbuh lagi - Cara menghilangkan bisul sebenarnya bukanlah suatu hal yang sulit, Anda bisa melihat hasil yang sangat memuaskan dalam waktu beberapa hari. Dan untuk kebanyakan kasus, Anda bisa menghilangkan masalah bisul dengan menggunakan cara alami, selain itu juga 

Cara menghilangkan bisul agar tidak tumbuh lagi juga dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan penggunaan dari persediaan obat-obatan didalam rumah tangga. Untuk masalah bisul yang besar dan meradang, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke dokter supaya bisa memastikan jika bisulnya tidak mengalami infeksi.

Bisul terbagi menjadi beberapa jenis. Walaupun tidak semua bisul bisa terbentuk akibat penyebab dan cara yang sama. 

Dibawah ini bentuk bisul adalah :


Furuncle atau carbuncle

Furunkle yang penyebab utamanya adalah karena bakteri dari Staphyloccosu aureus. Dan biasanya mengacu pada bisul yang tumbuh didalam folikel rambut. Dan carbuncle biasanya muncul dengan ukuran lebih besar dan furunkle karena melibatkan beberapa dari folikel rambut. Carbuncle bisa terasa lebih keras didalam kulit.

Kista jerawat

Kista jerawat biasanya bisa terjadi disaat saluran minyak yang berada dibawah kulit mengalami sumbatan dan mengalami infeksi, yang pada akhirnya menyebabkan terbentuknya dari abses yang jauh lebih besar dibandingkan jenis jerawat biasa.

Hidradenitis suppurativa

Kondisi seperti ini biasanya melibatkan beberapa jenis abses yang terbentuk di ketiak atau juga pada daera pangkal paha, dan penyebabnya adalah karena kelenjar keringat yang mengalami infeksi. Biasanya bukan hanya diobati dengan menggunakan antibiotik saja, jenis bisul yang satu ini penanganannya harus membutuhkan operasi.

Kista polinidal

Bisul yang satu ini terbentuk pada daerah lipatan pantan, dan sering terjadi akibat duduk dalam waktu yang lama. Dan salah satu folikel rambut yang mengalami infeksi dan akan meradang, maka akan menimbulkan kondisi bisul yang halus.

Berikut cara menghilangkan bisul agar tidak tumbuh lagi yang bisa Anda lakukan 


Menggunakan hot pack

Cara menghilangkan bisul agar tidak tumbuh lagi dengan menggunakan hot pack yang bisa Anda panaskan di microwave serta yang mengandalkan reaksi kimia. Dan juga Anda dapat menggunakan botol air panas untuk bisa menerapkan panas pada bisul Anda kurang lebih selama 10-20 menit dalam beberapa jam.

Menggunakan kompres panas yang lembab

 Caranya adalah direndam ke dalam air panas. Dan untuk bisa menrapkan panas di bisul Anda. Kompresan panas ini akan sangat efektif karena akan membantu meningkatkan drainase yang lebih efisien di jaringan yang mengalami infeksi jika memang dibutuhkan. Dan juga bisa membantu untuk mengirimkan oksigen, asupan nutrisi, dan juga sel darah putih menuju ke infeksi ini.

Jangan mengeluarkan, memencet dan memecahkan bisul yang masih kecil

Cara menghilangkan bisul agar tidak tumbuh lagi dengan tidak melakukan hal tersebut. Diamkan hingga bisul kering sendiri dnegan cara melakukan kompresan hangat tadi. Mengeluarkan atau juga memecahkan bisul bisa beresiko menyebabkan infeksi, radang, dan jaringan parut dengan berkepanjangan.

Bersihkanlah bisul dengan menggunakan alkohol dan juga sabun anti bakteri

Cara menghilangkan bisul agar tidak tumbuh lagi sebaiknya jangan lupa untuk mengoleskan obat bisul oles atau juga membungkus bisul yang pecah dengan cara mengunakan kain kasa yang steril.

Mengganti perban dengan sering

Paling tidak dilakukan 2-3 kali dalam sehari

Cucilah tangan Anda ke dalam air dan sabun sebelum serta sesudah mengobati bisul.

Sebaiknya pastikan Anda tidak memecahkan bisul anda secara paksa. Proses ini justru akan membuat kondisi bisul menjadi semakin parah dan mengalami infeksi sehingga akan menyebarkan bakteri yang berpotensi besar memicu terjadinya komplikasi. Dan sangat dianjurkan untuk menunggu sampai bisul tadi pecah dengan sendirinya.

Jika Anda sudah mengetahui bahwa penyebab dari bisul adalah akibat bakteri. Karena sifat bakteri bisa menyebar dengan mudah di tubuh, dan pada daerah sekitar kita. Maka untuk memutus mata rantai dari bakteri ini yang harus Anda lakukan adalah dengan mencegah terjadinya penyebaran dengan cara menjaga kebersihan pakaian dan juga lingkungan Anda.

Dibawah ini adalah beberapa obat untuk membantu cara menghilangkan bisul agar tidak tumbuh lagi adalah ;

Krokot

Tanaman krokot salah satu jenis tanaman alami dengan khasiatnya yang bisa membantu mengatasi bisul. Ambillah tanaman krokot yang sudah kering dan dimasukkan ke dalam 1 gelas air panas. Setelah itu, diseduh, dan kemudian ramuan ini diminum selagi hangat.

Daun sendok

Selanjutnya obat alami untuk mengobati bisul adalah daun sendok. Caranya adalah ambillah daun sendok dan daun sirih kemudian diremas dan sampai halus serta tercampur. Taburkanlah ramuan ini pada daerah yang mengalami bisul. Cara ini dilakukan 2 kali sehari supaya proses penyembuhan bisul bisa berlangsung lebih cepat.

Daun kembang pukul empat

Cara membuatnya adalah ambilah 10 lembar daun kembang pukul empat dengan menggunakan air garam secukupnya saja, setelah itu dioleskan ke bisul Anda, dan di tutup dengan kain, gantilah pembalut ini paling tidak 2 kalii sehari agar hasil yang didapat lebih cepat.

Itulah uraian tentang Cara menghilangkan bisul agar tidak tumbuh lagi semoga berguna bagi anda

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama