Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami - Tenggorokan bisa terinfeksi oleh virus atau pun bakteri, dan apabila tenggorokan terinfeksi biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena ada saat di mana sakit untuk menelan. Sakit tenggorokan ini tidak jarang terjadi, terutama dari kalangan balita sampai dengan anak remaja sering kali merasakan sakit di bagian tenggorokannya. Tenggorokan yang terasa tidak nyaman ketika digunakan membuat anak anak tidak nafsu untuk makan, dan biasanya pun lebih sering menangis. Tenggorokan yang sakit memang bukan kondisi kesehatan yang parah tetapi jika sedang terjadi sangat mengganggu sekali.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami


Search Keyword : Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan alami, cara mengobati radang tenggorokan secara alami untuk ibu hamil, cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan cepat, cara alami mengobati sakit tenggorokan pada anak, cara alami mengobati sakit tenggorokan dan batuk.

Infeksi pada dinding tenggorokan yang bisa menyebabkan pembengkakan, sampai dengan munculnya abses di dalam mulut ini membuat penderitanya demam dan bau mulut. daya tahan tubuh yang sedang lemah bisa mudah sekali mengalami kondisi seperti ini. Sakit tenggorokan biasanya bisa berlangsung satu minggu lamanya, tidak perlu pengobatan khusus untuk gangguan kesehatan ini karena bisa sembuh dengan sendirinya dan dengan cepat seiring daya tahan tubuh membaik.

Sakit tenggorokan penyebabnya bisa di infeksi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. infeksi tenggorokan karena virus lah yang menjadi penyebab sakit tenggorokan. ada banyak virus yang bisa membuat tenggorokan terasa sakit. tetapi virus campak, virus cacar air dan juga virus influenza yang paling sering menyebabkan sakit tenggorokan. 

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus campak dan juga virus cacar air kebanyakan terjadi oleh anak anak, terutama anak anak yang tidak melakukan suntik vaksin untuk campak dan cacar air. Jadi ruam kulit di sertai demam dan juga tenggorokan yang terasa sakit bisa terjadi pada saat anak anak menderita campak dan juga menderita cacar.

Untuk virus influenza sendiri, bisa terjadi pada anak anak juga tetapi orang dewasa pun juga bisa. Ketika kehujanan, kedinginan, dan masuk angin biasanya lebih rentan untuk terinfeksi oleh virus influenza sehingga akan jatuh sakit, menderita pilek atau flu yang lama kelamaan tenggorokan pun terasa sakit dan tidak nyaman. 

Selain karena infeksi, ada juga hal lain yang bisa mengakibatkan sakit tenggorokan. tenggorokan memiliki otot, dan otot yang digunakan secara berlebihan untuk berbicara atau pun untuk berteriak biasanya akan menyebabkan sakit tenggorokan juga. karena itu jika berbicara tidak dengan nada tinggi, atau pun terlalu terburu buru karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti ini.

Sakit tenggorokan bisa terjadi juga apabila penderita sakit tenggorokan bisa karena sering mengkonsumsi makanan yang pedas dan juga makanan panas. Karena iritasi tenggorokan dari makanan yang dikonsumsilah yang mengakibatkan tenggorokan tidak nyaman. Iritasi pada tenggorokan juga bisa karena kurang minum, sehingga tenggorokan kering. banyak yang mengalami sakit tenggorokan juga akibat naiknya asam lambung. Memiliki penyakit lambung memang tidak enak, karena jika salah makan bisa memicu asam lambung naik, dan ketika naik bisa mual dan muntah serta sakit tenggorokan. karena dinding tenggorokan terkena cairan asam lambung lah yang menyebabkan sakit tenggorokan bisa dialami.

Sakit tenggorokan bisa menyebabkan demam dan juga sakit kepala, jika penyebabnya di infeksi. Sakit tenggorokan pun bisa menyebabkan amandel atau tonsilitis membengkak, sehingga semakin sakit saja rasanya untuk menelan makanan dan juga untuk menelan minuman. Seluruh tubuh pun bisa terasa sakit dan tidak nyaman pada saat menderita sakit tenggorokan yang dikarenakan oleh infeksi. Bahkan sakit tenggorokan bisa menyebabkan batuk berdahak, yang biasanya juga disertai flu sehingga ada banyak cairan lendir yang dihasilkan oleh mukosa hidung. Agar tidak berlama lama sebaiknya diatasi sehingga cepat sembuh. 

Dibawah ini cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami :

  1. Berkumur dengan air garam, garam yang dilarutkan pada air bisa digunakan untuk berkumur yang gunanya untuk mengatasi sakit tenggorokan secara alami. Berkumur lah dengan menggunakan air garam untuk membersihkan mulut sehingga jika ada infeksi tidak semakin lama dan juga tidak semakin sakit.
  2. Minum air mineral hangat, pada saat sakit tenggorokan jauh lebih baik jika banyak minum air mineral meskipun sakit. tetapi sebaiknya jika ingin mengatasi sakit tenggorokan dengan menggunakan air mineral hangat di minum terus agar tenggorokan tidak kering dan tidak gatal.
  3. Minum madu, mengatasi sakit tenggorokan secara alami ialah dengan minum madu. Madu bisa membantu meredakan sakit di tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi atau pun pemicu sakit tenggorokan lainnya. madu juga obat alami yang ada sejak lama sehingga sering digunakan untuk pengobatan herbal.
  4. Makanan yang mudah ditelan, nafsu makan memang akan menurun jika sakit tenggorokan dialami, tetapi untuk mengatasi sakit tenggorokan\sebaiknya makan lah makanan yang mudah ditelan sehingga imun tubuh meningkat secara perlahan lahan.
  5. Obat herbal, minum obat herbal bisa dilakukan juga karena ada banyak jenis obat sakit tenggorokan alami. Air jeruk hangat dengan madu atau pun air jahe hangat pun bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan secara alami. Kurangi asupan makanan yang pedas dan banyak berbicara ketika sedang sakit tenggorokan agar cepat sembuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama