Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Sejak Dini

 Cara mencegah penyakit osteoporosis - Kurangnya kesadaran masyarakat menjadi salah satu penyebab penyakit osteoporosis semakin tinggi, terutama wanita. Hampir sebesar 80% penderita penyakit osteoporosis diderita oleh wanita, namun bukan berarti pria tidak akan mengalami penyakit ini. Maka dari itu pencegahan sejak dini menjadi langkah awal yang paling tepat agar terhindar penyakit osteoporosis sejak dini.

Cara mencegah penyakit osteoporosis


Apa itu penyakit osteoporosis ?

Masih banyak orang yang belum mengetahui penyakit osteoporosis, padahal penyakit ini tergolong berbahaya dan mengancam yang dapat memicu terjadinya penurunan kualitas hidup hingga kecacatan. Osteoporosis ini adalah salah satu penyakit yang menyerang tulang sehingga menyebabkan terjadinya pengapuran hingga tulang keropos. Tentunya kondisi ini sangat berbahaya, karena fungsi tulang yaitu sebagai penyangga dan penggerak tubuh sehingga jika tulang mengalami pengeroposan atau pengapuran tentunya akan penderitanya akan mengalami sakit dan sulit untuk bergerak bebas.

Oleh sebab itu, sebelum kita mengobati penyakit osteoporosis alangkah baiknya kita mencegahnya dari sekarang, karena pengobatan osteoporosis ini membutuhkan waktu yang lama dan tentunya membuat aktivitas sehari-hari anda akan terhambat. 

Berikut ini cara mencegah penyakit osteoporosis yang bisa kita lakukan sejak dini :


Mengonsumsi makanan yang sehat

Cara mencegah penyakit osteoporosis yg pertama yang perlu kita lakukan untuk mencegah berbagai penyakit, khususnya osteoporosis yaitu dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Ada beberapa macam asupan makanan yang sehat yang bisa kita konsumsi yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. makan tersebut diantaranya, ikan, daging, telur, makanan yang kaya akan omega 3, olah makanan dari ragi, buah kurma, brokoli, dan kacang-kacangan.

Menjaga gaya hidup sehat

Langkah kedua yang bisa lakukan untuk terhindar dari penyakit osteoporosis yaitu menjaga gaya hidup. Hindari dan coba berhenti kebiasaan merokok serta jauhi asapnya, hindari mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol, biasakkan untuk berolah raga secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu dan biasakan istirahat yang cukup.

Memenuhi kebutuhan kalsium

Dengan memenuhi kebutuhan kalsium akan memperkecil resiko penyakit osteoporosis sejak dini. Anda bisa mengonsumsi kalsium dari kandungan makanan, salah satunya dari olahan susu.

Hindari Makanan yang berlemak tinggi

Makanan yang kaya akan kandungan lemak tinggi akan mengganggu penyerapan kalsium, karena sifat lemak yaitu mengikat kalsium. Sehingga semakin banyak kalsium yang dikonsumsi oleh tebuh akan sia-sia apabila dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi.

Mendapatkan sinar matahari pagi hari

Sinah matahari pagi hari yaitu pada jam 7 – 8 pagi banyak mengandung vitamin D. Agar anda tidak jenuh, anda bisa sambil jalan-jalan atau jogging sambil menikmati udara segar pagi hari.

Mengonsumsi Buah yang kaya akan vitamin C

cara mencegah penyakit osteoporosis selanjutnya anda bisa mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C sebagai pelengkap menu harian anda. Selain dapat menjaga sistem imun, ternyata vitamin c juga bermanfaat untuk menguatkan tulang. Berikut ini buah yang kaya akan vitamin c yang harus anda konsumsi : Apel, Pisang, Stroberi, Jambu biji, dan Nanas.

Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan merupakan salah satu cara untuk dapat mencegah penyakit osteoporosis. Hal ini disebabkan, orang yang memiliki berat badan ideal akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti anoreksia, sedangan kelebihan berat badan akan berisiko mengalami osteoporosis akibat dari beban tulang yang tidak mampu menahan bobot berat badannya.

Dengan cara mencegah penyakit osteoporosis akan mengurangi jumlah keluhan yang anda alami

5 Faktor Utama Penyebab Osteoporosis

Seandainya kepadatan tulang terus menyusut maka yang terjadi tulang akan hancur, sehingga mengakibatkan rasa nyeri pada tulang dan dapat merubah postur tubuh seseorang. Hancurnya tulang belakang menyebabkan nyeri punggung menahun. Tulang belakang yg rapuh dapat mengalami hancur dengan cara spontan atau disebabkan oleh cedera ringan.

Rata Rata nyeri timbul dengan cara tiba-tiba dan dirasakan di daerah tertentu dari punggung, yg mengakibatkan bertambah rasa nyeri apabila penderita berdiri. Seandainya disentuh, daerah tersebut bakal terasa sakit, tapi rata-rata rasa sakit ini dapat menghilang dengan cara bertahap sesudah sekian lamanya.

Apabila tulang belakang mengalami masalah atau hancur maka yang terjadi yaitu kelengkungan yg abnormal dari tulang belakang (punuk Dowager), yang menyebabkan ketegangan otot dan sakit. Tulang yang lain dapat patah, yang paling sering disebabkan oleh tekanan yg ringan atau disebabkan oleh hal lain seperti jatuh. Salah satu patah tulang yg paling serius merupakan patah tulang panggul.

Aspek yg tidak jarang berlangsung yaitu patah tulang lengan (radius) di daerah persambungannya bersama pergelangan tangan, yang dinamakan fraktur Colles. diluar itu, terhadap penderita osteoporosis, patah tulang kebanyakan sembuh dengan sendirinya. Lalu Apa sebenarnya penyebab dari osteoporosis?

Adapun penyebab osteoporosis adalah sebagai berikut :

1. Faktor Keturunan

Memang banyak penyakit yang ditularkan oleh faktor genetik atau keturunan, tidak hanya penyakit yang kronis seperti diabetes , tapi penyakit osteoporosis yang berkaitan dengan tulang juga bisa diakibatkan atau disebabkan oleh adanya faktor keturunan.

2. Kekurangan Vitamin D

Seperti yang kita ketahui vitamin D sangat bagus untuk pertumbuhan tulang karena berfungsi dalam penyerapan kalsium. Walaupun di indonesia jarang penderita osteoporosis yang diakibatkan dari kekurangan vitamin D, namun jangan meremehkan fungsi dari Vitamin D tersebut, seperti orang yang jarang keluar rumah yang tidak mendapatkan sinar matahari. Padahal sinar matahari di pagi hari sangat bagus untuk kesehatan karena didalamnya terkandung vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

3. Kekurangan Kalsium

Seberapa pentingkah kalsium bagi tubuh anda? mari kita simak apabila seseorang mengalami kekurangan kalsium. Kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting bagi wanita dan anak anak karena sangat membantu dalam pertumbuhan dan kepadatan tulang. Beberapa contoh tanda tanda seseorang kekurangan kalsium antara lain : gigi kuning, rambut rontok, nyeri otot, kuku menjadi rapuh dan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal.

4. Banyak menghisap asap rokok

Kurang beraktivitas yang menyebabkan tulang tidak bekerja , dan tidak terlatih,Seperti contoh penderita  osteoporosis pada orang yang kurang beraktivitas yaitu orang yang terlalu sering duduk di kursi atau beristirahat di tempat tidur, tanpa melakukan ativitas yang menggerakan tulang atau otot.

5. Banyak mengkonsumsi kafein

Kafein tidak hanya terkandung dalam kopi saja tapi banyak juga minuman lain yang mengandung cafein tinggi seperti teh atau softdrink yang bisa meningkatkan pengeluaran urine sehingga kalsium ikut terbawa dalam urine tersebut.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama