10 Tips Sehat Saat Bekerja Di rumah

 Tips sehat bekerja di rumah - Saat ini banyak orang  yang bekerja sebagai pekerja lepas, atau bahasa kerennya disebut freelancer, memang jenis pekerjaan sangat menjanjikan selain tidak dibatasi waktu dan mendapat gaji yang tidak sedikit, anda juga bisa bekerja dirumah sendiri, tentu ini hal yang sangat menguntungkan, selain bisa menghemat ongkos perjalanan, anda juga bisa mempunyai banyak waktu bersama keluarga.

10 Tips Sehat Saat Bekerja Di rumah


Tapi acap kali kita sering melupakan faktor kesehatan, selain karena tidak ada aturan, bekerja dirumah memang menjadikan anda bermalas malasan dan ini bisa berbahaya bagi kesehatan anda dibandingkan anda bekerja dikantor. 

{tocify} $title={Table of Contents}

10 tips berikut akan menjelaskan bagaimana anda tetap sehat walaupun bekerja dirumah.


1. Memisahkan tempat kerja dari ruang keluarga

Meskipun anda kerja dirumah, anda harus tetap produktif dan professional, pisahkan kantor pribadi anda dari ruang yang sering dilewati anak anak, juga dengan pintu yang dapat anda tutup, selain bisa meredam kebisingan, anda juga bisa lebih berkonsentrasi pada pekerjaan, sehingga perkerjaan bisa cepat selesai.

2. Posisi duduk dan kursi yang nyaman

Posisi duduk dan kursi yang anda pakai saat bekerja sangat mempengaruhi keefisiensian anda saat bekerja. Saat posisi anda tidak benar, maka anda akan cepat merasa capek dan lelah, Hal ini sangat penting untuk kenyamanan dan efesiensi yang didapat saat anda bekerja, atur posisi meja kerja dan kursi anda senyaman mungkin, dengan postur punggung tegak dan rileks

3. Mengatur jadwal yang baik

Memang sulit mengatur dan menetapkan jadwal ketika anda bekerja dirumah, kita bisa mendapatkan banyak waktu untuk bekerja dan bermain bersama keluarga, tapi lakukanlah jam jam kerja anda dirumah seperti yang anda lakukan dikantor luar. Pilih waktu sarapan pagi, istirahat siang, seperti yang biasa dilakukan pada jam kantor, sehingga anda bisa menjaga keseimbangan antara kesehatan dalam pekerjaan anda.

4. Lakukan peregangan disela sela waktu bekerja

Duduk terlalu sering, bisa menyebabkan otot terutama otot punggung kita pegal, lakukan peregangan pada tubuh anda, seperti berdiri dan duduk lagi setiap 20 menit, atau sesekali berjalan jalan disekitar rumah ketika sedang istirahat siang atau mengangkat beban ringan tangan. Lebih baik, anda juga bisa mengatur pada timer untuk mengingat hal ini.

5. Sediakan makanan dan minuman yang sehat

Ketika anda dirumah anda mungkin sering tergoda akan makanan yang anda miliki didapur atau dikulkas. Jangan terlalu memakan makanan yang mengandung karbohidrat atau gula yang tinggi, ini bisa menimbulkan gejala obesitas, makanlah makanan yang mengandung serat gizi serat tinggi, tentu ini akan lebih lama menunda lapar. Siapkan makanan sehat tersebut seperti anda sedang menuju kekantor, sediakan air dalam botol, agar anda tidak bolak balik kedapur ketika anda haus.

6. Atur rencana sebelum bekerja

Melakukan pekerjaan dirumah memang memiliki waktu yang fleksibel, tapi kitajuga dituntut untuk professional dan berkonsentrasi pada pekerjaan. Atur rencana sebelum kita bekerja entah itu rencana awal dan selesai kita bekerja atau isitirahat dan bermain bersama keluarga

7. Mengontrol lingkungan kerja

Kontrol lingkungan sekitar tempat kita bekerja, buatlah tempat senyaman mungkin. Bukalah jendelah untuk membiarkan udara segar masuk ini bisa menjadikan badan anda segar terus, atur posisi lampu agar tidak terlalu silau dan nyaman bagi mata anda.

8. Isitrihatkan mata anda

Jika anda berkerja didepan monitor dalam waktu yang lama, tentunya itu bisa merusak mata anda. Rilekskan mata anda selama beberapa menit setiap anda bekerja selam 30 menit didepan layar. Tutup mata anda beberapa saat dan lihatlah sesuatu yang bisa membuat mata anda rileks.

9. Berinteraksilah dengan teman kerja anda

Dengan selalu berinteraksi  dengan rekan kerja, kita tidak akan merasakan kesepian walaupun bekerja dirumah. Berinteraksilah dengan rekan kerja, teman teman atau keluarga lewat media sosial. Bicarakan juga masalah yang berhubungan pekerjaan anda, bisa tentang prestasi ataupun yang lainnya.

10. Jangan lupa mandi

Anda mungkin sering bermalasan ketika mau mandi dan sering memakai baju itu itu saja ketika bekerja dirumah. Tentu itu hal yang tidak baik untuk produktivitas kerja anda. Mandilah sebelum bekerja, seperti yang sering anda lakukan ketika anda bekerja diluar rumah. Gantilah pakain dengan yang bersih agar kesehatan selalu terjaga.

Itulah beberapa tips sehat bekerja dirumah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama