Langsung ke konten utama

Perawatan Diabetes Melitus Tipe 2

Perawatan diabetes melitus tipe 2 ini harus benar - benar diketahui bagi si penderita, tapi terlebih dahulu kita mempelajari apa itu diabetes serta jenis-jenis penyakit diabetes, memang ada beberapa macam, dan setiap jenis diabetes mempunyai teknik perawatan yang tidak jauh berbeda.

Perawatan Diabetes Melitus Tipe 2
Perawatan Diabetes Melitus Tipe 2


Apa Itu Diabetes Melitus Tipe 2 

Diabetes melitus tipe 2 merupakan penyakit kelainan metabolik yang ada dalam tubuh pasien, dimana kadar gula dalam tubuh pasien cukup tinggi, hal ini adalah kebalikan dari diabetes melitus tipe 1. 

Ketika seseorang mendapatkan penyakit diabetes melitus tipe 1 maka tubuhnya akan kekurangan insulin dan kadar glukosa dalam tubuhnya rendah. Penyakit ini adalah penyakit diabetes yang paling banyak diderita, ada sekitar 90% penderita dan 10% lainnya adalah menderita penyakit diabetes tipe lainnya.

Gejala yang harus diwaspadai ketika seseorang menderita penyakit ini adalah haus berlebihan, sering buang air kecil, lapar terus menerus, dll. Penyebab lain dari penyakit ini adalah obesitas, keturunan, dll. Maka dari itu seseorang yang mempunyai penyakit ini harus dapat menggerakkan tubuhnya sesering mungkin.

Cara Perawatan Diabetes Melitus Tipe 2 Yang Tepat 

Seseorang yang mempunyai penyakit ini harus mendapatkan perawatan dengan baik, agar penyakit ini tidak menyebar ke berbagai organ lainnya. 

Penyakit diabetes sering disebut sebagai ibu dari berbagai penyakit, bagaimana tidak, seseorang yang mempunyai penyakit ini, tidak dapat mengontrol gula darah yang ada dalam tubuhnya, dan kondisi itu tentu akan merusak berbagai macam organ tubuh yang ada di sekitarnya. Itu sebabnya jika seseorang yang mempunyai penyakit ini harus mendapatkan perawatan yang tepat.

A. Olahraga secara teratur

Ini adalah hal yang wajib dilakukan jika seseorag menderita penyakit diabetes melitus tipe 2

Olahraga secara rutin, akan membakar banyak sekali kalori dalam tubuh, selain itu juga sekaligus membuang berbagai macam kotoran atau racun yang ada dalam tubuh. Olahraga juga akan membantu kerja organ ginjal dan juga pankreas.

B. Melakukan program diet

Kebanyakan penderita diabetes melitus menderita obesitas, cara mengatasinya adalah dengan melakukan program diet. 

Program diet yang akan dilakukan tidak perlu terlalu ketat, yang diperlukan adalah menjaga pola makan agar tetap baik, seperti; banyak mengkonsumsi makanan yang dapat memperbaiki kerja ginjal, seperti; omega 3 dll.

 Selain itu batasi juga mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, dan juga yang mengandung banyak lemak. Makanan seperti; ini hanya akan membuat lemak dalam tubuh terus mengendap.

Perawatan yang sebaiknya diberikan pada penderita diabetes tipe 2

1. Mengontrol makanan yang akan dikonsumsi

Perawatan diabetes melitus tipe 2 berikutnya adalah mulai saat ini ada baiknya untuk mengontrol setiap makanan yang akan dikonsumsi, perhatikan apakah makanan tersebut mengandung gula atau tidak.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah; karbohidrat kompleks, protein, vitamin, mineral, dll. Beras putih mengandung banyak gula dibadingkan dengan beras merah, maka dari itu ketika seseorang menderita penyakit diabetes ada baiknya untuk mengkonsumsi beras merah, dan makanan lainnya.

2. Mengkonsumsi obat-obatan herbal

Ada beberapa macam tanaman yang dapat Anda konsumsi untuk dapat mengobati penyakit ini secara alami. Minuman seperti; ini cenderung dapat d igunakan sebagai perawatan diabetes melitus tipe 2 alami. 

Adapun tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan secara herbal adalah; daun salam, sambiloto, lidah buaya, mengkudu, daun sirsak, dll.

3. Mengubah beberapa pola hidup

Ada beberapa pola hidup yang sebaiknya dirubah, seperti; tidak mengkonsumsi alhohol terlalu banyak, tidak merokok, berisitirahat yang cukup, dll. Ini adalah salah satu cara yang sebaiknya dilaksanakan sebagai upaya dalam perawatan diabetes melitus tipe 2 yang baik.

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk perawatan diabetes melitus tipe 2 secara alami adalah Mengkomsumsi buah mengkudu

Berikut kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu yaitu:

  • Selenium, Ini adalah; kandungan antioksidan alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Selenium ini juga dapat membuat daya tahan tubuh meningkat.
  • Terpenoid, Kandungan terpenoid ini sangat berkhasiat untuk digunakan sebagaianti radang, dan anti alergi, yang tentunya sangat diperlukan untuk dapat digunakan sebagai perawatan diabetes melitus tipe 2.
  • Scolopetin, Kandungan ini sangat berkhasiat untuk dapat mempercepar proses regenerasi sel-sel dalam tubuh. Dengan demikian, maka berbagai macam organ tubuh yang rusak dapat diperbaiki dengan adanya kandungan dari buah mengkudu ini. Ini juga yang dapat dijadikan sebagai salah satu perawatan diabetes melitus tipe 2 yang alami.
  • Xeronine dan proxeronine, Ini adalah; kandungan alkaloid yang tentunya penting untuk tubuh. Adanya kandungan ini akan mampu mengobah berbagai macam protein yang ada dalam tubuh menjadi lebih maksimal dan dapat diubah menjadi sesuatu hal yang tentunya sangat berguna bagi tubuh.

Selain itu buah ini juga mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh seperti; berbagai macam vitamin, serat alami, kalsium, fosfor, kalium, dll. Yang tentunya akan sangat berguna bagi tubuh. Maka tidak heran jika mengkonsumsi mengkudu secara rutin maka tubuh akan kembali sehat. 

Itu karena kandungan nutrisi dan juga kandungan lainnya yang ada dalam buah ini dapat membantu mengembalikan organ tubuh yang mengalami kerusakan, itulah sebabnya mengapa buah mengkudu dapat dijadikan sebagai salah satu program perawatan diabetes melitus tipe 2.

Jika organ tubuh sudah berfungsi dengan baik dan daya tahan tubuh meningkat, maka berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh akan dapat dibasmi dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri

Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri - Untuk dapat melangsingkan badan, selain perlu berolah raga, terdapat beberapa minuman pelangsing yang ternyata dapat membantu penurunan berat badan secara cepat. Di bawah ini terdapat beberapa minuman pelangsing, diantaranya  Minuman pelangsing alami buatan sendiri 17 Minuman Pelangsing Alami Buatan Sendiri 1. Buah Mengkudu Bahan : daun mengkudu fresh 30 gram ( ambil yang tidak terlalu muda atau tua ), daun kemuning 30 gram, air perasan jeruk nipis 1 sendok makan Langkah Penyajian : bersihkan semua bahan yang diperlukan. Rebus semua bahan dan tambahkan perasan air jeruk nipis dalam 600 ml air hingga air menyusut sepertiganya atau 200 ml, kemudian saringlah. Sebelum diminum, tambahkan lagi perasan air jeruk nipisnya. Minumlah minuman ini dua kali sehari hingga mencapai berat badan yang diinginkan. 2. Air Kelapa Muda Air kelapa muda adalah minuman pelangsing alami buatan sendiri karena Selain berguna bagi wanita hamil karena dapat mengembalikan

Cara Diet Yang Sehat Dan Cepat Secara Alami

Cara diet yang sehat dan cepat - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal. Sedangkan diet adalah cara yang ditempuh seseorang yang mempunyai berat badan tidak normal untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan proposional. Banyak yang melakukan diet dengan cara salah karena ingin cepat mendapatkan hasil instan. Dengan cara mengkonsumsi obat diet dari bahan kimia, tetapi melupakan prinsip dasar dalam berdiet. Alhasil bukan berat badan yang turun malah menimbulkan penyakit baru. Padahal kalau anda rajin membaca atau bertanya banyak cara diet yang sehat dan cepat secara alami. Pilih Diet Sehat Atau Diet Cepat Kesalahan fatal orang yang berdiet adalah ingin cepat turun berat badannya, sehingga tanpa perhitungan yang tepat, langsung merubah pola makannya secara drastis apalagi sampai tidak makan. Hal ini malah akan menyebabkan gangguan kesehatan yang baru.Cara diet yang sehat dan cepat Rekomendasi dari ahli gizi untuk pengurangan berat badan yang ideal dan aman adalah 1 kg dalam semin

100+ Tips Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Pernah anda melihat wanita jepang yang gembrot atau gemuk, mungkin sangat sedikit yang kita lihat mereka itu gemuk, tetapi umumnya wanita jepang memiliki postur tubuh yang langsing dan ramping. Apa sebenarnya yang melatarbelakangi ini semuaya. Dalam kesempatan ini kami akan menulis sebuah artikel tentang rahasia langsing wanita jepang yang banyak dibicarakan diranah kecantikan akhir-akhir ini Perlu diketahui bahwa wanita Jepang sama sekali tidak melakukan diet dalam makanannya bahkan mereka terkenal dengan food utopia atau orang yang terobsesi dengan makanan. Tetapi rahasia kecantikan mereka terungkap lewat makanan yang mereka hasilkan didapur mereka sehari-hari. Berikut kami membuka rahasia langsing wanita jepang yang mungkin perlu diketahui. Rahasia Kecantikan/Langsing Wanita Jepang 1. Menu makanan sehat Makanan mereka menjadi salah satu tolak ukur bagi keberhasilan mereka dalam memiliki tubuh yang ideal dan cantik serta langsing. Menu makanan mereka terdiri dari ikan, kedelai, nasi,