Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah - Darah rendah merupakan kondisi tubuh yang memiliki tekanan darah yang rendah. Tekanan darah rendah dapat terjadi akibat jantung terlalu lambat untuk memompa darah untuk di berikan ke seluruh tubuh. darah rendah bisa mengganggu keseimbangan tubuh, karena tubuh kekurangan asupan darah dari jantung, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Cara mengatasi tekanan darah rendah pada ibu hamil, cara mengatasi tekanan darah rendah dengan cepat, cara mengatasi tekanan darah rendah dengan makanan, cara mengatasi tekanan darah rendah di rumah, cara mengatasi tekanan darah rendah bagi ibu mengandung, cara mengatasi tekanan darah rendah ibu hamil, cara mengatasi tekanan darah rendah malaysia, cara mengatasi tekanan darah rendah semasa hamil, cara mengatasi tekanan darah rendah secara alami, cara mengatasi anemia dan tekanan darah rendah.

Orang yang memiliki tekanan darah rendah juga bisa sering kehilangan kesadaran atau jatuh pingsan karena darah untuk saraf pada otak sangat kurang jumlah nya, sehingga dapat menghilangkan kesadaran penderita nya. tekanan darah rendah yang rendah angka bisa 90/60 karena normal nya tekanan darah 120/80 mm Hg sehingga cukup jauh perbandingan nya.

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Tekanan Darah rendah bisa dialami karena ada nya hambatan atau pemicu aliran darah menjadi berkurang atau pompa jantung melemah. Sehingga kerja jantung tidak maksimal, atau ada nya jumlah darah berkurang di dalam tubuh. sehingga efek nya akan mempengaruhi tekanan darah. Tekanan darah yang bisa menyebabkan tubuh terasa lemah ini, mungkin dialami juga karena ada pengaruh penyakit di dalam tubuh, karena ada berbagai macam penyebab darah rendah yang memungkinkan untuk terjadi. Dan berikut penyebab tekanan darah rendah yang mungkin untuk terjadi :

  • Kekurangan cairan
  • Kekurangan darah
  • Pengaruh posisi
  • Hormon
  • Penyakit jantung
  • Kehamilan

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Seperti hal nya tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah pun masih bisa diatasi. Namun berbeda cara penanganan nya. jika darah tinggi harus menurunkan tekanan darah, tetapi jika darah rendah maka tekanan darah harus di naikan. 

Menaikkan tekanan darah pun tidak sembarangan untuk di lakukan, karena jika naik terlalu tinggi pun akan membahayakan tubuh, sehingga cara mengatasi darah tinggi yang baik yaitu dengan menaikkan tekanan darah dengan kadar yang masih normal atau sehingga ukuran tekanan darah pas sesuai kebutuhan tubuh. jika ingin menaikkan tekanan darah maka bisa dengan menggunakan bahan bahan alami atau pun herbal untuk menjadi cara mengatasi tekanan darah rendah. Dan berikut bahan yang cocok untuk di gunakan untuk mengatasi darah rendah :

Air putih

Air putih cukup ampuh untuk meningkatkan tekanan darah menjadi normal pada saat tekanan darah rendah. Karena kurang nya air putih di dalam tubuh bisa membuat tekanan darah menjadi turun. Oleh sebab itu obat darah rendah yang sangat mudah untuk di temukan yaitu air putih.

Daun singkong

Daun singkong merupakan sayuran yang banyak di jadikan olahan masakan indonesia, sehingga banyak orang yang menggemari daun singkong. daun singkong pun memiliki manfaat yang bisa di jadikan obat darah rendah. Karena jika daun singkong di konsumsi maka akan membantu meningkatkan tekanan darah. Tetapi sebaik nya yang memiliki tekanan darah tinggi, tidak mengkonsumsi daun singkong terlalu banyak.

Kulit manggis

Obat darah rendah yang alami juga bisa dengan menggunakan kulit manggis. Karena kulit manggis dapat meningkatkan tekanan darah. Jika darah rendah maka untuk mengembalikan nya bisa dengan mengkonsumsi kulit manggis yang di rebus dan di minum air nya dengan rutin. Atau selain merebus kulit manggis, juga bisa di jus namun rasa nya mungkin akan sedikit pahit tetapi bisa di tambahkan madu.

Bayam

Obat darah rendah yang satu ini juga dari jenis sayur sayuran, sayuran yang hanya bertahan 8 jam ini setelah di masak memiliki manfaat untuk meningkatkan tekanan darah, dan juga penambah darah yang alami. oleh sebab itu bayam menjadi obat darah rendah juga. bayam dapat di jadikan jus sayuran atau pun di buat makanan seperti pada umum nya.

Jika telah minum obat darah rendah, maka ada beberapa hal lagi yang bisa di gunakan untuk mengatasi darah rendah, sehingga tekanan darah akan normal atau pun ukuran nya tidak terlalu rendah.

Olahraga

Olahraga dapat di lakukan untuk menjadi cara mengatasi darah rendah. Karena pada saat darah rendah tubuh akan lemah atau tidak segar seperti biasa nya, oleh sebab itu berolahraga merupakan salah satu cara yang bisa di lakukan untuk mengembalikan tubuh yang segar.

Istirahat

Cara mengatasi darah rendah juga bisa dengan mencukupi waktu istirahat dengan tidur. Karena tekanan darah menjadi menurun juga bisa dipengaruhi oleh tubuh yang kurang istirahat tidur.

Bergerak secara perlahan

Karena penyebab darah rendah bisa karena perubahan posisi tubuh secara tiba tiba, sehingga keseimbangan tubuh pun juga akan sangat dipengaruhi. Oleh sebab itu cara mengatasi tekanan darah bisa dengan menjaga posisi tubuh jika ingin bergerak agar tidak terlalu cepat. karena tekanan darah bisa berubah dengan cepat.

Tidak mandi dengan air panas

Jika tekanan darah rendah pun maka sebaik nya jangan terlalu sering untuk mandi dengan menggunakan air panas. Karena air panas dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat. boleh mandi dengan menggunakan air panas tetapi tidak terlalu sering, karena selain membuat tekanan darah rendah, juga akan membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu cara mengatasi tekanan darah bisa di coba dengan cara seperti ini.

Tekanan darah rendah yang dimiliki seseorang bervariasi ada yang memiliki tekanan darah berkisar 90/80 mmHg, 110/90 mmHg, 100/80 mmHg yang semuanya tentu dipengaruhi oleh kondisi tubuh dan riwayat kesehatan seseorang. Banyak faktor penyebab dari sakit tekanan darah rendah ini seperti sering berkeringat, sering berkemih namun kurang minum air putih, kurang istirahat yang cukup dan kurang tidur serta mengalami menstruasi yang mengeluarkan darah menstruasi secara berlebihan sehingga tekanan darah berada pada tekanan yang rendah.

Cara Mengobati Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah rendah memiliki risiko terhadap suatu serangan penyakit yang mudah datang seperti serangan jantung, sesak napas, gangguan pernapasan dan penyakit lainnya.

Berikut tips mengobati darah rendah (hipotensi), diantaranya :

1. Konsumsi air putih secukupnya sesuai dengan kebutuhan

Konsumsi air putih minimal 8-10 gelas perhari atau lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh akan cairan.

2. Sesekali konsumsi kopi

Kopi yang mengandung kafein yang merupakan bahan dasar yang terkandung dalam kopi ini ternyata dapat meningkatkan produksi darah dalam tubuh dan membantu merangsang hormon yang mendorong darah untuk dialirkan keseluruh jaringan tubuh. Konsumsi kopi minimal 1 kali dalam sehari dengan takaran 1 cangkir = 100 ml.

3. Konsumsi makanan yang mengandung cukup kadar garam

4. Melakukan olahraga teratur 

Miniimal 2 kali dalam seminggu per 30 menit, agar metabolisme tubuh berjalan seimbang dan mengurangi gejala lainnya.

5. Pada wanita disarankan untuk mengenakan stocking yang lentur.

6. hipotensi atau tekanan darah rendah 

Jika menimbulkan gejala yang semakin dirasakan makin berat dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Seseorang akan diberikan obat-obatan untuk mengurangi atau meringankan gejala yang dirasakan.

Beberapa anggapan masyarakat luas, apabila terkena hipotensi atau tekanan darah rendah dengan mengkonsumsi daging kambing dapat meningkatkan produksi darah dan meningkatkan produksi darah, sebenarnya anggapan masyarakat ini belum tentu benar. Karena daging kambing justru meningkatkan kadar hemoglobin berlebih dalam darah yang mengakibatkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama