10 Cara Mengatasi Sariawan dengan Cepat

 Cara Mengatasi Sariawan dengan Cepat – Masalah sariawan adalah suatu hal yang sangat menggangu. Memang tidak berbahaya, namun keberadaannya membuat aktivitas menjadi terbatas. Rasa sakit yang muncul saat sedang makan, minum, saat sedang berbicara menyebabkan kita merasa kesal jika si sariawan ini muncul. Dalam dunia kedokteran, istilah yang digunakan untuk sariawan adalah stomatitis aftosa. Adakah suatu bentuk kelainan yang terjadi di selaput lendir dalam bentuk luka dimulut dengan warnanya keputihan agak kekuningan serta permukaannya yang agak cekung.

Cara Mengatasi Sariawan dengan Cepat

Sariawan bisa terasa sangat menyakitkan dan akan mengganggu aktivitas si penderitanya. Selain itu juga banyak orang mencari cara mengatasi sariawan dengan cepat untuk menghilangkan rasa ketidaknyamanan yang muncul akibat sariawan ini.

Penyebab dari munculnya sariawan adalah :

  • Karena mengalami kekurangan asupan nutrisi seperti vitamin B12 dan vitamin C yang bisa menimbulkan sariawan.
  • Sariawan dapat disebabkan karena tergigit saat sedang makan dan juga saat sedang berbicara. Atau akibat Anda makan sambil mengobrol.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan juga panas.
  • Sariawan dapat juga diakibatkan karena penggunaan dari suatu produk yang tidak cocok seperti obat obatan dan pasta gigi
  • Kurang terjaganya kesehatan mulut

Berikut 10 Cara Mengatasi Sariawan dengan Cepat

Dibawah ini adalah cara mengatasi sariawan dengan cepat adalah ;

1. Obat parasetamol atau juga mafenamat

Untuk membantu cara mengatasi sariawan dengan cepat adalah Anda bisa memanfaatkan obat kumur dan juga obat minum. Untuk obat yang diminum, maka anda bisa menggunakan jenis obat prasetamol dan asam mafenamat. Tetapi ingat, sebaiknya perhatikanlah dosisnya.

2. Garam dan baking soda

Dan selain itu juga cara mengatasi sariawan dengan cepat yang kedua adalah dengan garam dan baking soda. Caranya Anda bisa membuat pasta dari campuran garam dan baking soda. Kemudian tambahkanlah dengan sedikit air dan setelah itu dioleskan ke bagian luka sariawan, kemudian diamkan selama 10 menit dan basuhlah dengan air.

3. Air kelapa

Cara mengatasi sariawan dengan cepat selanjutnya adalah menggunakan air kelapa. Percaya atau tidak jika air kelapa dikenal juga sebagai pendingin sehingga akan membuat ketenangan didalam sistem pencernaan. Dan selain itu juga sangat baik dalam membantu mengatasi masalah dehidrasi, air kelapa juga sangat baik dalam membantu mengatasi sariawan secara alami.

4. Pisang dan madu

Cara mengatasi sariawan dengan cepat dan alami adalah menggunakan pisang dan madu. Cara yang dilakukan adalah Anda hanya cukup membuatnya menjadi pasta saja. Haluskanlah buah pisang bisa dengan sendok dan juga blendr. Dan setelah itu dicampurkan dengan madu murni. Kemudian Anda oleskan ke bagian ulkusnya atau luka sariawan. Hal ini sangat baik dalam membantu mencegah terjadinya peradangan.

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji sebagai bahan alami untuk cara mengatasi sariawan dengan cepat. Manfaatnya yang sangat baik dalam membantu menyembuhkan ssariawan. Dan cara yang dilakukan juga terbilang mudah, Anda hanya cukup mengunyah beberapa dari daun jambu biji kemudian setelah itu berkumurlah.

6. Yoghurt

Dengan mengonsumsi yoghurt maka akan membantu menjaga keseimbangan bakteri didalam mulut serta didalam tubuh. maka dengan begitu Anda bisa mempercepat proses penyembuhan dari sariawan Anda. Dan selain itu juga Anda bisa melakukan langkah dalam membantu mencegah sariawan.

7. Minum vitamin

Minum vitamin yang mengandung vitamin B dan vitamin C, serta zat besi dan asam folat yang ada didalamnya yang berperan untuk bisa mencegah dan juga dalam menyembuhkan luka sariawan. Dan tujuan pengobatan ini dilakukan sebenarnya adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan dari vitamin ini.

8. Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan yang mendukung proses penyembuhan sariawan adalah memakan buah tomat, jeruk serta buah-buahan yang lain. Dan manfaat yang dirasakan adala untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi didalam tubuh.

9. Bawang putih dan pepaya

Anda dapat menggunakan bawang putih dan pepaya untuk bisa membantu cara mengatasi sariawan dengan cepat. Cara yang dilakukan adalah cukup dengan menempelkannya langsung ke bagian luka di sariawan.

10. Minyak kelapa dan madu murni

minyak kelapa yang mengandung anti bakteri didalamnya bisa Anda campurkan dengan madu murni. Dan setelah itu Anda oleskan ke bagian luka pada sariawan. Dan sebaiknya langkah ini dilakukan setiap Anda akan tidur.

11. Kunyit

Kunyit memang dianggap sebagai tumbuhan alami yang super untuk kesehatan. Kunyit sering dijadikan sebagai obat untuk membantu menyembuhkan penyakit pada organ lambung dan juga saluran pencernaan lain. Dan kegunaan dari kunyit juga baik dalam membantu mengatasi masalah sariawan. Caranya adalah cukup campurkan kunyit dengan 1 sendok teh glisering, dan ditumbuk atau bisa juga diblender. Kemudian oleskanlah ke bagian sariawan.

Jika Anda ingin membuat resep alami ini dirumah, maka pilihlah resep tradisional satu saja, dan jika tidak cocok maka Anda bisa mencoba resep yang lainnya. Lakukanlah cara mengatasi sariawan dengan cepat ini secara teratur maka penyembuhan sariawan juga bisa lebih cepat.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi sariawan dengan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama