Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda

Mengatasi keputihan saat hamil muda - Banyak ibu-ibu hamil yang mengeluh masalah keputihan saat hamil. Dibandingkan biasanya, ketika ibu mengalami kehamilan akan terjadi perubahan hormonal yang akan meningkatkan pengeluaran cairan pada Miss V.Cairan ini encer dan tidak berbau serta berwarna putih susu atau kuning. Ini merupakan keadaan normal yang sering dialami ibu hamil yang biasa terjadi disebabkan perubahan hormon tubuh di waktu hamil. Ini akan terus meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Mengatasi keputihan saat hamil muda

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh ibu-ibu ketika mengalami keputihan saat hamil, yaitu:

  • Menjaga kebersihan Miss V dengan baik
  • Selalu keringkan bagian Miss V
  • Pakailah celana dalam yang lebih mudah menyerap dan terbuat dari bahan katun. Ini untuk mencegak Miss V dari infeksi.
  • Wanita yang sedang hamil biasanya sering buang air kecil, maka lebih seringlah mengganti celana yang bersih dan kering.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda

Jika Anda menemukan cairan keputihan saat hamil tersebut berdarah, berubah warnanya, berbau, timbul gatal-gatal dan keluar dengan jumlah yang sangat banyak, maka segeralah berkonsultasi ke dokter. Agar semua itu bisa ditangani secepat mungkin, karena ditakutkan terjadi infeksi pada Miss V.

Seringkali para wanita menganggap remeh atau hal yang umum masalah keputihan ini. Di samping itu, kerapkali membuat para wanita malu ketika mengalami keputihan sehingga enggan berkonsultasi ke dokter. Padahal, keputihan abnormal yang terjadi karena infeksi akan mengganggu kesehatan. Bagi ibu hamil, keputihan juga dapat berpengaruh kepada janin yang di kandung.

Seorang wanita yang mengalami keputihan tidak normal segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter begitupula bagi ibu-ibu hamil, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan yang signifikan agar dapat diketahui penyebabnya, sehingga terapi yang cocok dapat diberikan untuk mengatasi keputihan saat hamil muda

Secara garis besar penyebab keputihan terbagi menjadi dua bagian yaitu fisiologis dan patologis. Keadaan fisiologis berarti adanya suatu bentuk atau fisik semisal saja adanya banyaknya aktifitas fisik, kondisi hamil, masa masa haid (baik sebelum atau sesudah), saat dapat rangsangan , tapi tidak adanya keluhan seperti bau, gatal serta adanya perubahan warna.

Sedangkan untuk kondisi patologis itu disebabkan oleh adanya senyawa lain yang menjangkiti atau mikro organisme seperti jamur, bakteri, parasit bersel satu (Trichomonas vaginalis) bahkan virus. Perlu juga diperhatikan bahwa penyebab keputihan saat hamil mudajuga dapat disebabkan oleh adanya iritasi akibat penggunaan pembersih vagina, berhubungan intim ataupun iritasi karena penggunaan alat kontrasepsi yang kurang tepat.

Aktifitas berhubungan intim sangat berpeluang menimbulkan adanya infeksi virus, bakteri dan parasit bersel satu. Sedangkan penurunan imunitas tubuh pada saat masa kehamilan berpeluang menimbulkan adanya infeksi jamur Candida sp yang memang secara normal ada di saluran cerna dan vagina.

Sangat umum terjadi pada wanita hamil, sejak awal kehamilan hingga trismester akhir menjelang persalinan, keputihan disebabkan adanya infeksi jamur Candida sp. Pada bulan akhir masa kehamilan kelembaban vagina paling tinggi, di masa inilah infeksi yang disebabkan oleh jamur akan lebih berpeluang besar terjadi.

“Keputihan pada janin tidak akan terjadi selama belum terjadi persalinan dan ketuban masih utuh, dimana janin masih terlindungi oleh selaput ketuban dan ketuban yang steril” menurut Dr. Ovi. Bayi akan terkontak dengan penyebab keputihan tersebut jika dalam masa persalinan masih terdapat infeksi.

Seisal saja infeksi Chlamydia yang menyebabkan  terjdinya keguguran dan bayi terlahir secara premature. Infeksi virus herpes simpleks menyebabkan peradangan otak pada bayi (ensefalitis). Infeksi jamur Candida sp beresiko terjadinya ayan (epilepsy). Infeksi virus HPV dapat menyebabkan terjadi papiloma laring pada bayi yang berakibat adanya gangguan pernafasan dan pencernaan hingga berujung pada kematian. Infeksi bakteri Neisserea gonorrhoeae dapat menyebabkan infeksi pada mata hingga kebutaan pada mata bayi, Mengatasi keputihan saat hamil muda.

Keputihan yang tidak normal dan itu disebabkan oleh infeksi yang berkelanjutan dapat menggangggu kesehatan ibu hamil. Misalnya infeksi Chlamy pada kehamilan menyebabkan pecahnya selaput ketuban sebelum  terjadi persalinan. Hal ini menyebabkan terjadinya infeksi pada janin dan ibu serta dapat berujung kepada kematian. Jika keputihan terjadi secara normal maka dapat melakukan hubungan intim. Akan tetapi jika keputian terjadi suatu infeksi maka hindarilah untuk berhubungan intim hingga infeksi benar-benar sudah tuntas. Terapi juga perlu dilakukan pada pihak pasangan pria, karena mungkin juga terjangkit infeksi, fenomena pimpong biar tidak terjadi. Dikatakan fenomena pimpong karena infeksi timbul dari pihak perempuan lalu ditularkan pada pihak pria kemudian di tularkan kebali ke pihak perempuan yang sudah sembuh setelah pengobatan

Mengenai soal cairan pencuci vagina, Dr. Ovi  berkata cairan pencuci vagina yang bersifat antiseptik kuat bila di berikan pada dosis yang banyak maka dapat merusak flora normal vagina sehingga dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri. Sehingga dalam memilih cairan pencuci vagina Dr. ovi memberikan saran untuk memilih cairan pencuci vagina yang memiliki kandungan asam yang sesuai dengan vagina serta penggunaannya jangan pada bagian dalam vagina.

Cara mencegah keputihan, diantaranya:

Apa yang menyebabkan keputihan berbau tidak nyaman dan bagaimana cara mencegah keputihan yang berbau tersebut?

Perubahan keputihan muncul ketika keseimbangan pH vagina terganggu. Ada banyak faktor yang dapat mengganggu keseimbangan tingkat keasaman vagina, seperti menggunakan sabun yang keras untuk membersihkan daerah vagina, semprotan wangi feminin, obat-obatan antibiotik, douching atau pengembangan vaginitis lainnya.

  • Jangan memakai celana yang terbuat dari kain sintetis. Sebaiknya Anda memilih celana yang terbuat dari bahan kapas untuk memungkinkan aliran udara dan menyerap kelembaban dengan mudah.
  • Untuk mencegah kelembaban di daerah vagina Anda, hindari memakai celana jins ketat, stoking, legging selama berjam-jam.
  • Gunakan deterjen ringan dan hindari pelembut kain yang dimungkinkan akan membuat iritasi di sekitar area organ kewanitaan.
  • Hindari menggunakan semprotan feminism ke daerah vagina Anda. Ingat bahwa semprotan feminism tersebut akan membuat iritasi pada kulit dan meningkatkan peluang terjangkitnya keputihan.
  • Bersihkan area vagina Anda dengan sabun ringan dan pastikan benar-benar kering dengan handuk yang bersih

Umumnya, keputihan berbau dapat disebabkan oleh:

  • Bakteri vaginosis
  • Infeksi ragi
  • Trikomoniasis
  • Chlamydia
  • Gonore

6 Fakta Menarik Tentang Ibu Hamil

Berbicara tentang ibu hamil, yang dirasakan lelah dan capek sebab harus beraktivitas sehari-harinya dengan perut buncit yang sangat merepotkan. Tidak jarang juga orang yang mengatakan bahwa ibu hamil terlihat lebih jelek. Akan tetapi dibalik itu semua ada fakta menarik tentang ibu hamil yang perlu anda simak dibawah ini. Bahkan fakta tersebut juga mengungkapkan bahwa apa yang dianggap orang selama ini pun tidak sepenuhnya benar. Penasaran bukan? Baiklah, untuk lebih jelasnya mari kira lihat.

 6 fakta menarik tentang ibu hamil tersebut:


1. Ibu Hamil Tetap Menawan

Jika pernyataan diatas yang menurut orang bahwa ibu hamil terlihat lebih jelek, fakta ini membantah anggapan tersebut. Ternyata ibu hamil terlihat lebih menawan oleh pria apalagi suaminya. Hal ini dibenarkan oleh riset yang menyatakan bahwa 60% pria memiliki rasa tertarik pada pasangannya saat hamil bahkan 27% diantaranya mengungkapkan bahwa ibu hamil sangat menarik.

2. Ukuran payudara bertambah besar

Fakta menarik tentang ibu hamil yang selanjutnya adalah payudaranya juga membesar, namun payudara besar disini memiliki perbedaan pada bayi di dalam kandungan laki-laki atau perempuan. Banyak orang yang percaya bahwa perbedaan payudara besar adalah jika mengandung bayi perempuan payudara lebih besar dari pada mengandung bayi laki-laki. Hal ini disebabkan payudara dipengaruhi oleh produksi hormon saat mengandung bayi laki-laki atau perempuan tersebut.

3. Wanita kurus lebih cenderung melahirkan bayi perempuan

Fakta menarik ibu hamil masih terdapat pada jenis kelamin bayi dalam kandungan. Hal ini tentang ibu hamil yang memiliki tubuh kurus biasanya cenderung melahirkan bayi perempuan. Hal ini disebabkan bayi perempuan embrionya lebih ramah beradaptasi pada lingkungan ibu hamil kurus dibandingkan embrio laki-laki. Percaya atau tidak, boleh disimpulkan bahwa ibu hamil dengan tubuh kurus lebih cenderung melahirkan bayi perempuan.

4. Mimpi jenis kelamin bisa menjadi kenyataan

Masih tentang jenis kelamin, fakta menariknya adalah mimpi ibu hamil tentang calon bayi dalam kandungan biasanya lebih sering menjadi kenyataan.

5. Bau badan ibu hamil berpengaruh terhadap kesiapan calon ayah

Bau badan ibu hamil juga memiliki pengaruh terhadap kesiapan suami untuk menjadi ayah. Hal ini dikarenakan keringat ibu hamil memiliki kandungan feromon yang berpengaruh pada pasangan dalam memproduksi hormon proaklatin. Nah, perbedaannya disini adalah hormon proaklatin suami yang lebih banyak cenderung lebih siap/pandai dalam mengasuh calon bayi nantinya ketimbang pria dengan proaklatin rendah. Selain itu, keringat ibu hamil juga bermanfaat pada bayi dalam mengidentifikasi ibunya nanti.

6. Sel calon bayi kelak tersimpan di tubuh ibu hamil

Fakta menarik ibu hamil selanjutnya adalah sel calon bayi tersimpan dalam tubuh ibu hamil nantinya. Percaya atau tidak kenyataannya memang seperti ini bahwa sel bayi tersebut akan tinggal dan hidup dalam otak serta hati ibu untuk selamanya. Selain itu sel yang dari ibu juga akan berada pada bayi di bagian tulang, kelenjar tiroid, usus, hati, kandung empedu, leher rahim, paru dan kulit.

Jadi bagi anda para ibu yang hamil tidak perlu berkecil hati sebab ada orang yang bilang bahwa ibu hamil terlihat jelek, faktanya ibu hamil seringkali dibilang lebih terlihat menarik bahkan sangat menawan. Anda juga harus mensyukuri kehamilan tersebut sebab hal tersebut merupakan anugerah dari Tuhan.

itulah uraian singkat seputar Mengatasi keputihan saat hamil muda semoga berguna

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama