9 Cara Mencegah Kanker Mulut Terbaik

 Cara mencegah kanker mulut - Mungkin anda belum begitu mengenal jika anda penyakit yang namanya kanker mulut. Sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab penyakit ini. Yang pasti kanker mulut bisa saja menyerang semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. 

Para ahli menyimpulkan bahwa penyebab dari penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti minum minuman keras, merokok, sek oral dan lainnya. Maka dari itu untuk menghindarinya anda harus mulai menata kembali gaya hidup anda agar terbebas dari penyakit ini, karena memang mencegah lebih baik dari mengobati.

Cara Mencegah Kanker Mulut Terbaik

Berikut ini adalah 9 Cara mencegah kanker mulut


1. Melakukan Pemeriksaan Sendiri

Untuk mengetahui anda mengidap kanker mulut atau tidak anda bisa melakukan pengecekan sendiri di rumah. Seperti hal kanker payudara kanker mulutpun juga bisa di cek sendiri yaitu dengan membuka mulut lebar-lebar di depan cermin kemudian lihat dan amati seluruh bagian dalam mulut, termasuk bagian belakang lidah dan sisi-sisinya. Ini untuk mengetahui lebih dini sehingga pengobatan bisa segera dilakukan.

2. Periksa Gigi

Cara mencegah kanker mulut dengan memeriksa gigi untuk yang satu ini memang kita sangat disarankan agar selalu memeriksakan gigi secara berkala. Ini bisa anda lakukan 6 bulan hingga 1 tahun sekali. Saat anda melakukan pemeriksaan anda juga bisa meminta dokter gigi untuk melakukan scrinning kanker mulut sehingga jika memang ada kanker bisa segera terdeteksi.

3. Kurangi Mengolah Makanan dengan Menggoreng

Mengolah makanan dengan menggoreng memang disukai banyak orang. Karena minyak pada makanan bisa menambahakan rasa gurih pada makanan yang kita olah. Namun cara seperti ini ternyata kurang baik bagi kesehatan, salah satunya adalah bisa menyebabkan kanker mulut. Maka dari itu segera ganti cara pengolahan makanan anda, misalnya dengan memanggang, merebus atau mengukusnya. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe dan kunyit.

4. Makan Makanan Anti Kanker

Cara mencegah kanker mulut mengunakan makanan anti kangker, kanker termasuk penyakit yang sangat berbahaya dan tidak sedikit penderitanya yang meninggal dunia. Karena memang obat dari penyakit ini belum ada yang sangat efektif maka dari itu anda bisa mencegahnya dengan banyak mengonsumsi makanan anti kanker seperti kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang puith, anggur, teh hijau, kedelai dan tomat. Makanan-makanan inilah yang juga direkomendasikan oleh The American Institute for Cancer Research sebagai makanan pencegah kanker. Selain itu makanan tersebut juga merupakan makanan yang sehat dan penuh nutrisi.

5. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan namun jangan berlebihan pastinya. Olahraga cukup beberapa menit saja namun lakukan ini dengan teratur. Tubuh yang aktif memang bisa meningkatkan system imun tubuh sehingga mampu mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker mulut.

6. Batasi Ekspos Terhadap Sinar Matahari

Kontak langsung antara tubuh dengan sinar matahari memang kurang baik untuk kesehatan. Karena paparan sinar matahari yang berulang-ulang bisa meningkatkan risiko kanker pada bibir, terutama bibir bagian bawah. Maka dari itu lakukan perlindungan pada bibir anda dengan menggunakan lipstick atau pelembab bibir. Sebaiknya pilih produk yang mengandung tabir surya sehingga bisa melindungi bibir anda dari sengatan sinar matahari.

7. Hindari Minum-Minuman Beralkohol

Dalam berbagai artikel, saya menyebutkan bahwa alcohol tidak akan memberikan manfaat yang berarti pada kesehatan anda, yang ada malah merusak kesehatan. Konsumsi alcohol yang berlebih dalam jangka panjang bisa menigkatkan risiko kanker mulut, maka dari itu sebaiknya anda segera menghindarinya.

8. Jangan Merokok atau Mengunyah Produk Tembakau

Seperti hal nya alcohol, merokok juga tidak akan memberikan manfaat yang berarti bagi kesehatan. Malah merokok itu sangat merugikan kesehatan. Nikotin yang terdapat pada tembakau bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru juga menyebabkan kenker mulut. Hal ini bisa terjadi karena nikotin akan meningkatkan kadar asam dalam mulut, dan kondisi ini tidak menyehatkan pastinya. Maka dari itu jika anda masih gemar merokok atau mungkin mengunyah sirih yang ditambah dengan tembakau segera hentikan kebiasaan tersebut, agar anda terhindar dari kanker mulut.

9. Selalu Sikat dan Flossing Secara Teratur

Salah satu cara yang paling efektif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut adalah dengan sikat gigi secara teratur. Lakukan ini 2 kali sehari, Selain itu anda juga bisa menggunakan benang khusus untuk membersihkan sela-sela gigi yang disebut dengan Flossing. Karena mulut yang tidak bersih dan sehat bisa meningkatkan perkembangan sel kanker, terutama pada mulut, selain itu keadaan tesebut juga bisa melemahkan system kekebalan tubuh yang kita miliki sehingga penyakit mudah menyerang, begitu juga dengan kanker mulut.

Jika anda belum mengetahui seperti apa kanker mulut, mungkin ini bisa sedikit membantu anda untuk mengetahuinya. Kanker mulut biasanya memiliki bentuk benjolan, berwarna putih dan ada bercak merah atau abu-abu. Jika anda melihat dan merasakan ini segera hubungi dokter agar penanganan dapat segera dilakukan.

Itulah 9 Cara mencegah kanker mulut semoga berguna

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama