100+ Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang

Memiliki rambut yang lembut, hitam dan indah merupakan dambaan setiap orang. Masalah muncul ketika rambut yang kita sayangi tiba-tiba menjadi kering dan mengembang. Jika tidak segera kita sadari, rambut akan semakin mengalami kerusakan akibat kering dan mengembang. Perlu memperhatikan beberapa hal sebagai cara merawat rambut kering dan mengembang ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Penyebab Rambut Kering Dan Mengembang 


Kurang asupan nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi pada kulit kepala akan mengakibatkan rambut menjadi kering, kusam serta mengembang. Kelembaban rambut menjadi tak terjaga sehingga rambut yang tumbuh akan terlihat tipis.

Interaksi langsung dengan sinar matahari

Rambut yang kering dan mengembang banyak dijumpai oleh mereka yang memiliki aktivitas di luar ruangan setiap hari. Terpaan langsung sinar matahari terhadap rambut menjadi salah satu penyebab dari masalah kekeringan pada rambut. Akibatnya rambut akan terlihat mengembang.

Terlalu sering menggunakan pengering dan pencatok rambut

Alat-alat perawatan rambut seperti pengering dan pencatok rambut dapat menjadi penyebab rambut rusak salah satunya kekeringan pada rambut. Hal ini terjadi karena pola penggunaannya yang berlebihan pada rambut.

Salah menggunakan shampo

Pilihan shampo yang salah akan menjadi salah satu penyebab munculnya rambut yang kering. Hal ini seringkali tidak disadari oleh para pemilik rambut sehingga akan mengetahuinya saat rambut sudah dalam kondisi yang parah.

Perlakuan buruk terhadap rambut

Perlakuan yang buruk terhadap rambut seperti misalnya penggunaan sisir yang kasar pada rambut, menggosok rambut dengan handuk, memaksa rambut kering dengan alat tertentu setelah keramas. Beberapa perlakuan buruk tersebut akan menjadi pemicu kerusakan dan kekeringan pada rambut anda.

Penggunaan bahan kimia berlebihan pada rambut

Pemakaian bahan kimia pada rambut seperti zat pewarna, obat perawatan rambut dan obat penata rambut akan berakibat fatal apabila berlebihan. Salah satu dampaknya rambut akan menjadi kering karena produksi minyak dan kelemababan rambut terganggu.

Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang

Berikut Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang


Potong rambut secara rutin

Langkah pertama sebagai adalah dengan memotong rambut. Lakukan hal ini secara rutin untuk menjaga kualitas siklus tumbuh dan mati pada rambut.

Merubah pola keramas

Salah satu penyebab rambut kering adalah karena pola keramas yang salah. Jika anda selama ini terlalu sering keramas misalnya dua kali sehari, maka segera hentikan pola keramas anda. Seringnya keramas justru membuat rambut akan semakin tipis dan kering. Rambut menjadi sensitif dan mudah sekali terkena iritasi. Pola keramas yang dianjurkan adalah sekali dalam dua hari.

Gunakan ramuan lidah buaya

Ramuan lidah buaya sangat efektif mengatasi segala keluhan mengenai kesehatan rambut salah satunya adalah rambut yang kering. Gunakan gel yang ada di dalam daging lidah buaya lalu usapkan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Pijat kulit kepala selama 10 menit lalu diamkan beberapa saat sebelum anda membilasnya. dengan lidah buaya ini sangat dianjurkan dilakukan pada malam hari setelah selesai beraktifitas. Lakukan kegiatan ini tiga hari sekali untuk hasil yang maksimal.

Gunakan kondisioner dengan tepat

Kondisioner akan efektif bila digunakan secara tepat. Penggunaan kondisioner sebagai salah satu cara  dianjurkan dilakukan sepekan sekali. Pilihlah kondisioner yang cocok bagi rambut anda. Lakukan kebiasaan menggunakan kondisioner secara rutin.

Perlakukan rambut dengan lembut

Memperlakukan rambut dengan lembut menjadi salah satu cara yang efektif. Jangan gunakan sisir dengan kasar saat menyisir rambut, jangan gosokkan rambut dengan handuk, hindari penggunaan pengering rambut berlebihan serta biarkan rambut kering secara alami apabila anda selesai keramas.

Hentikan penggunaan bahan kimia pada rambut

Jika rambut anda sudah dalam kondisi kering parah maka anda harus mulai beralih menggunakan cara dan bahan alami sebagai cara merawat rambut kering anda. Hindari pewarna rambut dan obat perawatan rambut yang berbahan kimia.

Cara Mengatasi Rambut Kering Dengan Benar

Rambut kering merupakan salah satu masalah umum yang dihadapi jutaan orang di dunia. Ada beberapa alasan untuk kekeringan rambut ini. Pengobatan alami tertentu dapat membantu Anda menyingkirkan masalah ini. 

Minum banyak air juga akan membuat rambut Anda tetap sehat. Ambil sedikit minyak kelapa dan rebus dengan daun kari. Campuran harus dioleskan beberapa kali sehari. Ini akan menjaga agar rambut tetap lembab. Henna adalah obat alami yang bagus untuk rambut kering. Anda juga bisa menggunakan minyak amla, minyak zaitun dan almond untuk mengatasi masalah ini.

Rambut berkilau tebal adalah sesuatu yang hampir setiap individu inginkan. Kepala manusia normal mengandung sekitar 100.000 rambut, menurut kidshealth.org dan kualitas rambut tersebut dapat bervariasi karena sejumlah alasan. 

Menurut perpustakaan Mothernature, keramas lebih banyak bisa membuat rambut kering dan keriting. Jika Anda memiliki kebiasaan berenang di kolam dengan air yang terlalu diklorinasi, rambut kering bisa menjadi hasil yang umum.

Lebih jauh lagi, jika Anda menggunakan terlalu banyak produk styling rambut seperti gel, semprotan rambut, dan warna palsu, kemungkinan besar Anda akan menderita rambut kering. 

Perming, blow drying atau meluruskan rambut juga bisa membuatnya kering. Terkadang, masalah kekeringan rambut berhubungan dengan ketombe. Jika air yang digunakan untuk mandi mengandung kadar mineral dalam jumlah tinggi, Anda mungkin akan mendapatkan rambut kering sebagai hasilnya.

1. Menggunakan Air

Cara mengatasi rambut kering yang pertama adalah menggunakan air. Air adalah obat alami yang hebat untuk banyak masalah kesehatan, termasuk rambut kering. Seringkali, berbagai unsur limbah bisa tersimpan di dalam tubuh dan bisa berakibat pada rambut kering. 

Air menyiram elemen-elemen ini dan juga meningkatkan cahaya rambut Anda. Karena itu, disarankan minum minimal 8 gelas air putih setiap hari. Anda juga bisa minum air dalam bentuk jus dan cairan.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan obat yang dicoba dan diuji untuk rambut kering. Ambil beberapa daun kari dan rebus dengan minyak kelapa minimal 2-3 menit. Anda harus menyimpan campuran ini selama beberapa hari di tempat yang sejuk. 

Oleskan dengan lembut dengan ujung jari Anda pada kulit kepala Anda dan tutupi rambut dengan handuk hangat. Ini akan menyehatkan folikel rambut, menghilangkan kekeringan dan membuat mereka kuat.

3. Henna

Henna adalah obat herbal yang bisa Anda gunakan di rumah untuk melembabkan rambut kering. Ambil sekitar tiga sendok bubuk henna dan campurkan dengan beberapa minuman teh. Kemudian, tambahkan beberapa yogurt segar dan buat pasta dengan cara mencampurnya dengan baik. 

Biarkan untuk berdiri semalam dan di pagi hari menerapkannya pada rambut Anda. Biarkan sampai kering selama 2 jam dan kemudian bilas dengan lembut dengan sampo yang lembut. Aplikasi teratur henna meningkatkan kualitas rambut Anda dengan berbagai cara.

4. Lemon

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya menggunakan lemon. Air buah lemon bertindak seperti pelembab alami untuk rambut. Ambil segelas air dan campurkan beberapa ekstrak lemon ke dalamnya. Kemudian, basuh rambut Anda dengan ekstrak lemon tadi setelah itu bilas dengan sampo.

5. Sampo Herbal

Sampo yang mengandung bahan kimia keras bisa membuat rambut kering. Inilah sebabnya mengapa Anda harus menggunakan sampo herbal ringan yang disiapkan dari semua bahan alami. Mereka membersihkan rambut dengan lembut dan Anda mendapatkan rambut halus yang rata dalam waktu yang sangat singkat.

6. Aloe Vera

Aloe Vera adalah produk herbal yang sangat bermanfaat untuk mengatasi kekeringan rambut. Ekstrak tanaman lidah buaya mengandung unsur-unsur yang melembabkan folikel rambut dan membuat rambut Anda berkilau. 

Anda bisa minum segelas jus lidah buaya setiap pagi agar rambut Anda tetap sehat dan sistem internal Anda sehat. Sejumlah gel rambut Aloe Vera, krim rambut, dan shampo tersedia di toko yang bisa membantu Anda menyingkirkan rambut kering dengan cepat dan efektif.

7. Ramuan Kuning Telur

Buatlah paket rambut dengan beberapa almond atau minyak zaitun dicampur dengan kuning telur. Oleskan bungkus ini ke rambut Anda dan biarkan sampai kering. Ini akan melembabkan rambut dan mengurangi kekeringan jika digunakan secara teratur.

8. Gunakan Produk Herbal

Dewasa ini, ada banyak produk herbal yang tersedia di pasaran yang bisa membantu Anda mengatasi kekeringan rambut. Teh dan krim herbal berkualitas tinggi bekerja sangat baik pada rambut kering. 

Anda harus minum teh herbal setidaknya dua kali sehari untuk hasil terbaik. Anda juga bisa mencuci rambut dengan cairan teal, karena ini adalah obat yang teruji waktu untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan bebas dari kekeringan

Beberapa hal di atas merupakan uraian bagaimana cara merawat rambut kering dan mengembang secara umum. Sayangi rambut anda sebelum anda menyesal ketika melihat rambut anda dalam kondisi rusak karena kering dan mengembang.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama