Cara Diet Yang Sehat Dan Cepat Secara Alami

Cara diet yang sehat dan cepat - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal. Sedangkan diet adalah cara yang ditempuh seseorang yang mempunyai berat badan tidak normal untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan proposional.

Banyak yang melakukan diet dengan cara salah karena ingin cepat mendapatkan hasil instan. Dengan cara mengkonsumsi obat diet dari bahan kimia, tetapi melupakan prinsip dasar dalam berdiet. Alhasil bukan berat badan yang turun malah menimbulkan penyakit baru. Padahal kalau anda rajin membaca atau bertanya banyak cara diet yang sehat dan cepat secara alami.

Cara Diet Yang Sehat Dan Cepat Secara Alami


Pilih Diet Sehat Atau Diet Cepat


Kesalahan fatal orang yang berdiet adalah ingin cepat turun berat badannya, sehingga tanpa perhitungan yang tepat, langsung merubah pola makannya secara drastis apalagi sampai tidak makan. Hal ini malah akan menyebabkan gangguan kesehatan yang baru.Cara diet yang sehat dan cepat

Rekomendasi dari ahli gizi untuk pengurangan berat badan yang ideal dan aman adalah 1 kg dalam seminggu. Dengan perincian perhitungannya seperti ini, setengah kilogram lemak = 3.500 kalori sehingga jika anda mau menurunkan setengah kilogram berat badan, maka sehari minimal harus ada 500 kalori yang dibakar.

Turunnya berat badan secara cepat dan drastis memiliki efek samping bagi kesehatan, antara lain:

  • Kurang nutrisi
  • Tubuh gampang lelah dan lemas
  • Berat badan cepat naik lagi.
  • Timbul gangguan kesehatan seperti rambut rontok, menstruasi tidak teratur.
  • Gampang dehidrasi, cairan elektrolit dalam tubuh tidak seimbang.
Jadi mana yang anda pilih diet cepat atau cara diet yang sehat?

Kesalahan Diet yang Umum dilakukan


Bagi orang yang belum pernah melakukan diet atau sedikitnya pengetahuan tentang Cara diet yang sehat dan cepat, akan melakukan kesalahan-kesalahan, seperti dibawah ini:

  • Sengaja tidak makan makanan utama. Akibatnya anda akan sering mengemil makanan ringan.
  • Asal dalam memilih cemilan, tidak memeriksa terlebih dahulu kandungan nutrisi dan kalori dalam cemilan tersebut.
  • Kurang mengkonsumsi air putih karena takut kegemukan
  • Terlalu banyak minum minuman berkalori untuk mengurangi rasa lapar

Berikut ini Cara Diet Yang Sehat Dan Cepat Secara Alami


1. Menentukan Program diet


Cara diet yang sehat dan cepat yang pertama sebelum anda berdiet sebaiknya tentukan program diet yang akan dijalankan, seperti metode apa yang dipakai, berapa lama target penurunan berat badan, berapa kilogram yang ingin diturunkan, dan lain-lain. Ini bertujuan agar anda disiplin dan konsisten berdiet.

2. Mengonsumsi Banyak Air Putih


Berbagai kajian dan penelitian membuktikan betapa besarnya manfaat air putih bagi tubuh. Oleh karena itu wajar jika para ahli kesehatan menganjurkan untuk banyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari. Bagi anda yang sedang berdiet air putih berguna untuk mengurangi dehidrasi dan memperlancar metabolisme tubuh.

3. Teratur Berolahraga


Aktivitas yang wajib dilakukan ketika menjalankan program diet adalah berolahraga. Fungsi dari olahraga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh, sehingga berat badan akan turun secara alami.

Salah satu olahraga ringan tapi efektif membakar lemak adalah jogging, atau bisa juga dengan naik turun tangga 5-10 menit setiap hari.

4. Mengonsumsi Makanan dengan gizi yang seimbang


Berikut ini menu makanan diet yang sehat untuk pagi, siang dan malam:

Sarapan. Pagi hari untuk mengisi perut dan sumber energi anda bisa mencoba konsumsi semangkok sereal dengan taburan kismis dan susu bebas lemak. Untuk buahnya cukup 1 buah pisang ukuran kecil. Jika masih kurang bisa ditambah satu lembar roti gandum.

Makan siang. Pada masa ini anda membutuhkan jumlah asupan kalori yang lebih banyak, untuk itu anda bisa membuat sandwich yang terdri dari roti gandum ditambah ayam, selada, tumis jamur, dan saus mustard. Terakhir tutup dengan kentang rebus 200 gram.

Makan malam. Malam hari anda tidak terlalu membutuhkan banyak kalori, karena waktu lebih banyak digunakan untuk beristirahat, jadi menu yang sehat adalah Capcay tahu dengan sayuran, setengah porsi nasi merah dan satu cangkir es teh lemon sekitar 250 ml.

Buah yang harus dikonsumsi saat diet


7 Buah yang harus dikonsumsi saat diet


Ketika menimbang berat badan ternyata berat tubuh mu naik lebih dari 5 kg, kamu pasti kaget bangetkan. Hal pertama yang terlintas di pikiranmu adalah kamu harus diet. Yups, hal itulah yang memang harus kamu lakukan. Diet merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan, tapi yang harus kamu ingat bahwa diet itu mengontrol nafsu makan bukannya tidak makan sama sekali ya.

Siapkan buku untuk program dietmu. Jenis makanan yang harus selalu ada untuk mendukung program diet adalah buah-buahan, hal ini dikarenakan pada buah terdapat banyak sekali vitamin yang sangat baik untuk tubuh dan juga melancarkan sistem metabolisme serta pencernaan di dalam tubuh. Berikut ini Tips Kebugaran berikan beberapa jenis buah yang harus di konsumsi ketika diet.

1. Buah Pisang


Buah yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak sekali kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Pada pisang terdapat kandungan potassium dan serat yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, pisang juga sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Buah pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat tinggi. Kandungan vitamin B6 ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mengurangi resiko penyakit jantung.

2. Buah Jeruk


Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, pada buah jeruk juga terdapat zat folat dan thiamin yang dapat memberikan nutrisi pada tubuh selama kamu menjalankan program diet. Supaya kamu bisa mendapatkan seluruh khasiat yang ada pada buah jeruk, sebaiknya kamu makan jeruk dalam kondisi utuh.

3. Buah Pepaya


Buah yang tinggi serat dan vitamin ini sangat berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan mendorong racun serta kotoran keluar dari dalam tubuh. Buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin C, flavonoid, dan carotene yang sangat berkhasiat untuk memberikan nutrisi dan menjaga stamina tubuh selama diet. Pilihlah buah pepaya yang matang dan berwarna agak kemerahan.

4. Buah Alpukat


Buah yang sering diolah menjadi jus ini memiliki tekstur yang sangat empuk. Buah alpukat juga memiliki segudang khasiat salah satunya kandungan lemak baik yang dapat melawan lemak jahat di dalam tubuh. Selain itu, buah alpukat juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan menghaluskan kulit. Kamu juga bisa membuat jus alpukat yang dicampur dengan madu untuk menambah stamina dan nutrisi tubuh.

5. Buah Tomat


Selain sering dijadikan bahan baku untuk membuat sambal dan saos, ternyata buah tomat juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan loh. Kandungan serat dan vitamin di dalam tomat berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa mengonsumsi tomat dengan dibuat jus, atau bisa juga kamu makan tomat langsung secara utuh. Selain itu, pada tomat juga terdapat kandungan lycopin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.Cara diet yang sehat dan cepat

6. Strawbery


Buah yang memiliki bentuk imut ini ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk memproduksi hormon leptin dan adiponectin yang dapat meningkatkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga berat badan bisa turun dengan cepat. Selain itu, pada buah strawberry juga terdapat kandungan anti flamasi yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka atau memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

7. Buah Apel


Jenis buah yang harus dikonsumsi ketika diet terakhir adalah buah apel. Buah ini selalu dan wajib ada dalam setiap program diet, karena buah apel rendah kalori dan memiliki kandungan serat tinggi untuk membakar lemak jahat. Kamu juga bisa mengolah buah apel menjadi jus tapi sebaiknya jangan dicampur gula atau pemanis tambahan

itulah ulasan lengkap mengenai Cara Diet Yang Sehat Dan Cepat yang bisa Anda terapkan. Jangan terlalu berharap dengan jalan yang instan, karena hasil yang didapatkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Selamat mencoba
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama